Roboguru

Bagaimanakah pengertian sinkronik secara harfiah ?

Pertanyaan

Bagaimanakah pengertian sinkronik secara harfiah ?

Pembahasan Soal:

Pengungkapan peristiwa sejarah dapat dilakukan dengan berpikir sinkronik dan berpikir diakronik. Sinkronik memiliki dua pengertian, yaitu pengertian secara harfiah atau bahasa dan pengertian secara umum. Secara harfiah, sinkronik berasal dari bahasa Yunani yaitu "Syn" artinya dengan dan "Khronos" yang berarti waktu atau masa.

Dengan demikian, sinkronik berasal dari bahasa Yunani yaitu "Syn" artinya dengan dan "Khronos" yang berarti waktu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang termasuk dalam pengertian dari "tidak ada konsep perbandingan" dalam pengertian sinkronik bagi ilmu sejarah adalah ….

Pembahasan Soal:

Cara berpikir sinkronik salah satunya yaitu tidak ada konsep perbandingan. Suatu peristiwa sejarah yang terjadi pada tempat dan waktu tertentu memiliki kisahnya sendiri. Peristiwa sejarah yang berlangsung di satu tempat, tidak bisa dibandingkan dengan peristiwa sejarah yang terjadi di tempat yang lain. Misalnya kondisi Jakarta dan wilayah lain di luar Jakarta pada saat proklamasi kemerdekaan, tentunya akan berbeda kondisinya, maka dari itu tidak bisa dibandingkan.
Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. Berikut ini yang termasuk konsep berpikir dalam sejarah adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. Terdapat dua konsep dalam berpikir sejarah, yakni sinkronik dan diakronik. Sinkronik merupakan konsep berpikir yang mempelajari sejarah dengan berbagai aspeknya pada waktu atau kurun waktu yang terbatas sehingga meneliti gejala-gejala secara meluas dalam ruang tetapi dalam kurun waktu yang terbatas. Sedangkan diakronik merupakan konsep berpikir yang menguraikan proses dan urutan kejadian suatu peristiwa sejarah secara kronologis.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Berikut ini merupakan cara berpikir sejarah, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Pada umumnya penerapan kerangka pikir dalam memahami peristiwa sejarah, dikenal ada 2 yaitu:

(1) Diakronik merupakan pemahaman terhadap peristiwa sejarah dengan lebih mementingkan pada garis waktu, namun sempit dalam ruang                                                                                                                                                                                                       

(2) Sinkronik, yakni kebalikan diakronik, lebih meluaskan ruang namun memendek dalam waktu, dalam arti memahami secara mendalam tentang satu peristiwa sejarah yang dibatasi waktu tertentu.

Meski demikian, pengembangan dalam dua kerangka pikir tersebut memunculkan konsep-konsep lain seperti:

a).kronologis, yakni upaya pemahaman peristiwa sejarah dengan mengurutkan berdasar waktu kejadiannya.                            b).periodisasi,satu upaya untuk mengklasifikasi atau memberikan pembabakan zaman terhadap ragam peristiwa sejarah yang banyak, c).kausalitas, dipahami sebagai sebab akibat, bahwa peristiwa sejarah yang satu merupakan sebab untuk peristiwa sejarah yang lain.

Dengan begitu, dipahami bahwa cara berpikir baik diakronik, sinkronik, kausalitas, periodisasi dan kronologis, adalah upaya-upaya cara berpikir agar pemahaman terhadap peristiwa sejarah menjadi lebih utuh dan menyeluruh (holistik).

Jadi, opsi jawaban benar adalah D. 

Roboguru

Jika kita mempelajari sejarah VOC secara mendetail, mulai dari proses terbentuknya hingga keruntuhan VOC. Maka artinya ktia menggunakan konsep berpikir sejarah, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Dalam memahami serangkaian peristiwa sejarah yang banyak, acak, dan memiliki kompleksitas di dalamnya, maka, untuk mempermudahnya dikenal dalam sejarah cara berpikir diakronik. 
Diakronik pada intinya merupakan kerangka pikir untuk melihat peristiwa sejarah melalui urutan waktu, sehingga pemahaman terhadap peristiwa sejarah akan teratur dan sistematis. Penerapan cara pikir diakronik dalam sejarah erat kaitannya dengan kronologis, yang melihat peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya. Dalam pemahaman yang lain, diakronik berbeda dengan sinkronik, diakronik lebih memperhatikan proses peristiwa sejarah itu terjadi, sebab itu, diakronik biasanya memanjang dalam waktu namun sempit dalam ruang, dengan kata lain ia berarti berusaha memahami peristiwa sejarah dengan memanjang berdasarkan waktu, melihat bagaimana peristiwa sejarah itu asalnya bisa terjadi hingga kelak berakhirnya peristiwa tersebut.
Apabila melihat pertanyaan dalam soal, ketika pemahaman terhadap VOC yang dimulai dari awal terbentuknya yakni pada tahun 1602 sampai keruntuhannya pada tahun 1799, maka penerapan cara berpikir yang digunakan adalah diakronik.

Dengan demikian, pemahaman terhadap awal berdiri VOC sampai keruntuhannya merupakan penerapan cara berpikir diakronik.

Roboguru

Akhir-akhir ini dalam melakukan penulisan sejarah, sejarawan tidak hanya menerapkan konsep berfikir diakronik melainkan juga mengembangkan dan menerapkan konsep berfikir sinkronik. Penerapan konsep be...

Pembahasan Soal:

Pola berpikir sinkronik ditandai dengan kemampuan untuk menyusun pemahaman secara sistematis dan terstruktur. Kajian yang dibahas dengan sistem sinkronik hanya mengkhususkan pada suatu kurun waktu tertentu, namun melebar dalam berbagai aspek yang dibahas. 
Dengan demikian, pola berpikir sinkronik dapat dilakukan dengan cara berpikir sistematis dan menyempitkan rentang waktu dalam topik yang dikaji.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved