Roboguru

Bagaimanakah hubungan antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha dan Islam ke Indonesia?

Pertanyaan

Bagaimanakah hubungan antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha dan Islam ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Masuknya Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia tidak lepas dari pengaruh para pedagang Arab, India, hingga China. Para pedagang umumnya melakukan transaksi atau sekedar berlabuh menyeberangi perairain Indonesia. Jalur yang paling sering digunakan dalam aktivitas perdagangan internasional adalah Jalur Sutra. Para pedagang diperkirakan memanfaatkan jalur sutra sebagai rute perdagangan komoditas sutra dan rempah-rempah. Jalur sutra sendiri merupakan sebuah rute perdagangan yang menghubungkan wilayah China, India, hingga Arab dengan wilayah Eropa. Jalur tersebut terbagi menjadi dua rute yakni rute darat dan rute laut yang panjangnya diperkirakan berkisar 6500 kilometer.
Pada awal penyebaran agama di Indonesia, wilayah-wilayah nusantara seperti daerah pesisir seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku merupakan daerah yang paling cepat menerima ajaran agama dari luar. Oleh sebab itu, dalam perkembangan agama di nusantara, daerah-daerah tadi termasuk ke dalam lokasi pusat berlangsungnya pemerintahan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Dengan demikian, hubungan antara kegiatan perdagangan dengan masuknya Hindu-Buddha dan Islam ke Indonesia adalah sebagai media persebaran yang paling banyak digunakan oleh negara-negara penyebar agama tersebut seperti India, Arab, dan China.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved