Roboguru

Bagaimanakah bila larutan penyangga dalam air liur tidak ada?

Bagaimanakah bila larutan penyangga dalam air liur tidak ada?

Jawaban:

Air liur merupakan pembersih alami di dalam mulut. Air liur dapat membersihkan atau menghilangkan bakteri serta mencegah bakteri merusak gigi kita sampai pada waktunya kita menyikat gigi. Air liur menetralisir asam yang merusak struktur gigi. Plak dengan kandungan bakteri di dalamnya memproduksi asam yang mengakibatkan gigi kita rusak dan berlubang. Air liur mengandung buffer atau penyangga keseimbangan pH mulut, sehingga kondisi asam dalam mulut dapat terkontrol, baik itu asam yang disebabkan oleh aktivitas bakteri atau pun asam yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Kemudian, Air liur mencegah hilangnya mineral pada gigi dan menunjang proses kembalinya mineral-mineral pada gigi. Ketika asam hasil produksi dari bakteri berupaya merusak gigi, air liur kita siap sedia mencegah luruhnya mineral dengan menambah ion kalsium dan fosfat pada permukaan gigi. Air liur juga melindungi gigi dari hilangnya ion kalsium dan fosfat dari lapisan email gigi. Dengan menjaga agar kalsium dan fosfat tidak hilang dari gigi, air liur dapat mencegah gigi berlubang.

Oleh karena itu, apabila tidak ada larutan penyangga dalam air liur dapat menyebabkan kerusakan gigi akibat adanya kandungan asam serta hilangnya mineral di dalam gigi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved