Roboguru

Bagaimana urutan titik didih dari I2, F2, dan H2? Jelaskan alasannya.

Pertanyaan

Bagaimana urutan titik didih dari I2, F2, dan H2? Jelaskan alasannya. 

Pembahasan Soal:

Nilai titik didih berbanding lurus dengan nilai Mr suatu senyawa. Hal ini dikarenakan semakin besar Mr maka semakin besar pula ukuran senyawa tersebut. Oleh karena ukuran senyawa mempengaruhi luas permukaan sentuh sehingga interaksi antar molekul akan semakin kuat. Urutan titik didih dari yang terkecil ke terbesar adalah H2 < F2 < I2.

Jadi, urutan titik didih dari yang terkecil ke terbesar adalah H2 < F2 < I2. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan halogen sangat reaktif.

Pembahasan Soal:

Berdasarkan konfigurasi elektronnya, unsur halogen mempunyai elektron valensi ns squared space np to the power of 5• Hal ini menunjukkan bahwa terdapat sebuah elektron yang belum berpasangan. Adanya sebuah elektron yang belum berpasangan menyebabkan halogen sangat reaktif dan mudah membentuk ion halida open parentheses X to the power of minus sign close parentheses. Selain hal tersebut, dalam tabel periodik unsur dari kiri ke kanan keeletronegatifan unsur meningkat (kecuali golongan VIIIA), maka dari itu unsur golongan VIIA (halogen) mudah untuk mengikat elektron (reaktif) dan membentuk ion halida.

Jadi, adanya sebuah elektron yang belum berpasangan dan keeletronegatifannya besar menyebabkan halogen sangat reaktif dan mudah membentuk ion halida bold left parenthesis italic X to the power of bold minus sign bold right parenthesis.space 

Roboguru

Bandingkan sifat pengoksidasi fluorin dan bromin. Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Halogen yang terletak lebih atas dalam golongan VIlA dan berada dalam keadaan bebas (sebagai molekul diatomik) mampu mendesak ion halogen dari garam halogen yang terletak di bawahnya. Hal ini dikarenakan halogen yang terletak lebih atas dalam golongan VIlA merupakan pengoksidasi yang lebih kuat dibandingkan unsur halogen yang berada di bawahnya. Karena posisi fluorin lebih atas dari bromin, maka sifat pengoksidasi fluorin lebih kuat dibandingkan bromin sehingga dapat mendesak ion bromin.

Jadi, sifat pengoksidasi fluorin lebih kuat dibandingkan bromin.

Roboguru

Pada suhu kamar, karakteristik unsur-unsur halogen adalah: F2​ dan Cl2​ berwujud gas Br2​ berfasa cair I2​ berfasa padat At (astat) bersifat radioaktif. Jawaban yang benar adalah...

Pembahasan Soal:

Secara umum, sifat-sifat halogen sebagai berikut:



Dengan demikian, dari sifat-sifat halogen di atas maka semua option pada soal benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Asam berikut yang bersifat asam lemah adalah ....

Pembahasan Soal:

Asam halida (HX) terdiri atas asam fluorida (HF), asam klorida (HCI), asam bromida (HBr ), dan asam iodida (HI). Kekuatan asam tersebut bergantung pada kekuatan ikatan antara H dan X atau kemudahan senyawa halida untuk memutuskan ikatan antara H dan X.

Semakin ke atas dalam golongan VIlA, ikatan antara atom H dan X semakin kuat sehingga molekul HX yang terbentuk cukup stabil. Oleh karena itu, hanya sedikit molekul HX yang terurai menjadi H to the power of plus sign dan X to the power of minus sign. Dengan demikian, HF merupakan asam halida yang terlemah karena ikatannya paling kuat.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. space

Roboguru

Diketahui sifat-sifat unsur sebagai berikut.   Oksidator kuat. Sukar larut dalam air. Berbentuk gas pada suhu kamar. Sukar bereaksi dengan unsur lain. Reaktif terhadap logam, nonlogam, dan air....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel periodik, unsur halogen berada pada golongan VII A. Golongan halogen ini terdiri dari unsur F, Cl, Br, dan I. Sehingga, unsur-unsur tersebut mempunyai konfigurasi elektron pada kulit terluar sebagai berikut.

 

Berdasarkan konfigurasi elektron tersebut, unsur halogen cenderung menangkap satu elektron untuk membentuk konfigurasi elektron gas mulia sehingga unsur halogen merupakan oksidator yang kuat. Selain itu halogen bersifat sangat reaktif karena mudah menarik elektron. Sehingga, pilihan 1,5, dan 6 merupakan pilihan yang tepat (B).


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved