Roboguru

Bagaimana proses berdirinya Kerajaan Mataram?

Pertanyaan

Bagaimana proses berdirinya Kerajaan Mataram?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kesultanan Mataram adalah kerajaan Islam di Pulau Jawa yg berdiri pada abad ke-17. Kerajaan ini dipimpin oleh dinasti keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanahan. Kerajaan Mataram ini berawal dari sebuah Kadipaten di bawah kekuasaan Kerajaan Pajang, yang berada di Bumi Mentaok. Kerajaan ini diberikan oleh Raja Pajang Jaka Tingkir kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya mengalahkan Arya Panangsang dari Jipang. Ki Ageng Pemanahan sebagai bupati di Mataram memiliki putra yang bernama Sutawijaya. Sutawijaya sangat berbakat di bidang militer, ia adalah orang yang mengalahkan Arya Panangsang. Karena kecakapannya dalam perang, Sutawijaya diangkat menjadi anak angkat Jaka Tingkir dan dijadikan saudara dengan putra mahkota yaitu Pangeran Benawa.  Pada tahun 1575 M, Ki Ageng Pemanahan wafat. Sutawijaya kemudian di angkat sebagai Bupati Mataram menggantikan ayahnya. Dibawah kepemimpinannya, Mataram semakin berkembang dengan pesat. Di tahun 1582M, Jaka tingkir Raja Pajang meninggal dunia. Kerajaan Pajang direbut oleh Arya Panggiri yang saat itu menjadi adipati di Demak dengan mengalahkan Pangeran Benawa yang merupakan penerus tahta. Dalam masa kepemimpinannya, Arya Panggiri yang sewenang-wenang tidak disukai oleh rakyat Pajang. Pangeran Benawa melihat adanya kesempatan untuk merebut kembali kerajaannya. Dengan bantuan dari Bupati Mataram yaitu Sutawijaya, mereka berhasil mengalahkan Arya Panggiri. Kemudian di tahun 1586 M, Pajang diambil alih oleh Sutawijaya karena tidak ada putra mahkota yang menggantikan kepemimpinan Pangeran Benawa dan pusat pemerintahan Pajang kemudian di pindahkan ke Mataram. Pemindahan pusat pemerintahan ini menandai berdirinya Kesultanan Mataram.

 

Dengan demikian proses berdirinya Kerajaan Mataram adalah berawal dari kadipaten dibawah Kesultanan Pajang  yang berpusat di Bumi Mentaok diberikan pada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Mataram berawal dari sebuah tanah perdikan yang diberikan oleh Raja Demak Jaka Tingkir kepada ...

Pembahasan Soal:

Kesultanan Mataram terletak di Kotagede, sebelah timur Yogyakarta. Wilayah tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh Sultan Hadiwijaya (Jaka Tingkir) dari Kesultanan Pajang kepada Ki Ageng Pemanahan yang telah membantunya memenangkan perang dengan Arya Penangsang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Tuliskan struktur wilayah Kerajaan Mataram Islam !

Pembahasan Soal:

Struktur wilayah Kerajaan Mataram Islam adalah sebagai berikut.

  • Nagari Ngayogyakarta, merupakan pusat pemerintahan Mataram.
  • Nagara agung, wilayah lapis berikutnya yang lebih luas meliputi daerah Siti Ageng Mlaya, Siti Bumijo, Siti Nubak Anyar, Siti Panekar, dan Siti Gadhing Mataram.
  • Mancanagara, merupakan daerah-daerah taklukan Mataram, seperti Madiun, Kediri, Surabaya, Rembang, dan Semarang.

Dengan demikian, struktur wilayah kerajaan Mataram Islam adalah nagari ngajogyakarta, nagara agung dan mancanagara.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti bahwa Islam masuk ke Kerajaan Mataram!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan Islam yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya. Pada awalnya, kerajaan Mataram Islam berpusat di Kotagede. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan politik di Jawa, pusat kerajaan Mataram Islam berpindah ke Plered hingga Surakart dan selanjutnya terpecah menjadi 2, yakni Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Sebagai salah satu kerajaan islam yang cukup berpengaruh di Indonesia, Kerajaan Mataram Islam meninnggalkan beberapa jejak sejarah, seperti komplek pemakaman Kotagede, komplek pemakaman Imogiri, hingga Masjid Agung Surakarta.

Dengan demikian, bukti peniggalan kerajaan Mataram Islam adalah komplek pemakaman Kotagede, komplek pemakaman Imogiri, hingga Masjid Agung Surakarta. 

0

Roboguru

Pascamangkatnya Sultan Trenggono, Kerajaan Demak didera konflik antarkeluarga kerajaan yang berujung pada naik takhtanya Jaka Tingkir sebagai sultan Demak. Orang yang berjasa membantu Jaka Tingkir men...

Pembahasan Soal:

Menurut Babad Tanah Jawi, sepeninggal Sultan Trenggono yang meninggal saat hendak menyerang Kerajaan Hindu Blambangan, terjadi konflik terkait perebutan kekuasaan di internal kerabat Kesultanan Demak. Pengganti dari Sultan Trenggono adalah Pangeran Seda Lepen, saudara Trenggono. Namun, Pangeran Seda Lepen akhirnya dibunuh oleh anak Trenggono, yaitu Pangeran Prawoto. Konflik dan perebutan kekuasaan terus berlanjut dan berkembang menjadi perang saudara. Putra Seda Lepen yang bernama Arya Penangsang kemudian membunuh Prawoto. Hal tersebut menyebabkan Jaka Tingkir, yang merupakan ipar dari Seda Lepen, menjadi murka.

Jaka Tingkir kemudian meminta bantuan kepada Ki Ageng Pemanahan dan Ki Penjawi untuk mengalahkan Arya Penangsang. Sebagai balas budi, Jaka Tingkir memberikan hadiah berupa sebidang tanah kepada Ki Ageng Pemanahan, yang kemudian tanah perdikan atau daerah otonom tersebut disebut Mataram. Setelah berhasil mengalahkan Arya Penangsang, Ki Ageng Pemanahan disebut sebagai Ki Ageng Mataram dan Ki Penjawi diberi jabatan sebagai adipati di Pati.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

sebutkan 3 warisan sejarah kerajaan Banten dan Mataram Islam

Pembahasan Soal:

Kerajaan Banten memiliki beberapa bukti peninggalan yang menjadi kunci sejarah kejayaannya terdahulu, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Masjid Agung Banten
  2. Istana Keraton Kaibon
  3.  Benteng Speelwijk

Peninggalan Kesultanan Mataram diantaranya adalah :

  1. Makam dari Raja Mataram di Imogiri
  2. Masjid di Makam Kota Gede
  3. Serat Sastra Gending karya Sultan Agung berisi tentang ajaran budi pekerti luhur, mistik dan keselarasan lahir batin.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved