Roboguru

Bagaimana kondisi (tekanan dan suhu) yang paling baik untuk proses kontak sehingga dihasilkan secara  optimum? Mengapa tidak dilakukan pada tekanan setinggi-tingginya dan pada suhu serendah mungkin?

Pertanyaan

Bagaimana kondisi (tekanan dan suhu) yang paling baik untuk proses kontak sehingga dihasilkan secara H subscript 2 S O subscript 4 optimum? Mengapa tidak dilakukan pada tekanan setinggi-tingginya dan pada suhu serendah mungkin? 

Pembahasan Soal:

Proses kontak merupakan salah satu metode pada pembuatan asam sulfat H subscript 2 S O subscript 4 dengan komponen dasar belerang. Umumnya pembuatan asam sulfat dilakukan pada suhu 450 space degree C dan tekanan 1 atm dengan bantuan katalis V subscript 2 O subscript 5.

Kondisi tekanan dilakukan pada tekanan 1 atm dan suhu yang rendah. Jika tekanan dinaikkan akan menyebabkan kenaikan jumlah produk yang kurang berarti jika dibandingkan dengan dibiaya yang dikeluarkan. Jika suhu diturunkan serendah mungkin akan menyebabkan reaksi berjalan lambat.

Dengan demikian, kondisi optimum pembuatan H subscript 2 S O subscript 4 adalah berdasarkan kondisi optimum pembuatan belerang trioksida yaitu pada tekanan 1 atm dan suhu rendah.

Jadi, kondisi yang paling baik untuk proses kontak sehingga dihasilkan H subscript 2 S O subscript 4 secara optimum adalah pada tekanan 1 atm dan suhu yang rendah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved