Roboguru

Bagaimana kondisi rakyat pada masa Pemerintahan Ko...

Bagaimana kondisi rakyat pada masa Pemerintahan Kolonial Inggris?undefined 

  1. mengalami beberapa keadaan dari beberapa kebijakan seperti sistem sewa tanah yang merugikan rakyat, karena rakyat harus membayar sewa mesipun sebenarnya tanah tersebut milik mereka. Pengusaha pribumi dengan modal kecil akan kalah bersaing dengan pedagang besar atau yang memiliki modal besar, karena mereka yang memiliki modal besar akan mendapatkan pintu politik terbuka. Selain itu terjadi pengekangan kekuasaan kerajaan karena kekuasaan kerajaan-kerajaan dan kedaultannya dianggap membahayakan posisi Inggris di Nusantara.

  2. ...undefined 

Jawaban:

Dalam menjalankan pemerintahannya, Raffles didampingi oleh Badan Penasihat yang terdiri dari Gillespie, Cranssen, dan Muntinghe. Meski kebijakan pemerintahan yang diambil Raffles dinilai lebih longgar dan memajukan perekonomian di Hindia, tetap saja memberikan dampak buruk pada kondiri rakyar Indoensia masa pemerintaahan Inggris. Beberapa dampak buruk kebijakan pemerintahan Inggris bagi rakyat Indonesia di antaranya:

  1. Sistem sewa tanah atau pajak tanah, Raffles menganggap satu-satunya pemilik tanah yang sah adalah pemerintah. Sehingga rakyat menjadi penyewa dan diwajibkan membayar pajak sewa dari tanah yang diolahnya. Mesipun sebenarnya tanah tersebut milik mereka. Bagi petani yang tidak bisa membayar uang, bisa membayar dengan beras.
  2. Persaingan tidak sehat, pengusaha pribumi dengan modal kecil akan kalah bersaing dengan pedagang besar atau yang memiliki modal besar. Karena mereka yang memiliki modal besar akan mendapatkan pintu politik terbuka.
  3. Pengekangan kekuasaan kerajaan, meskipun ada beberapa kerajaan yang sudah dijanjikan untuk mendapatkan porsi yang lebih besar, tetap saja dilakukan pengekangan kekuasaan. Upacara dan tatacara yang berlaku di kerajaan-kerajaan disederhanakan. Bahkan orang-orang besar pribumi juga dibatasi pergerakannya. Inggris menganggap bahwa kemandirian atau kekuasaan kerajaan-kerajaan dan kedaultannya akan membahayakan posisi Inggris di Nusantara.

Dengan demikian, kondisi rakyat pada masa Pemerintahan Kolonial Inggris mengalami beberapa keadaan dari beberapa kebijakan seperti sistem sewa tanah yang merugikan rakyat, karena rakyat harus membayar sewa mesipun sebenarnya tanah tersebut milik mereka. Pengusaha pribumi dengan modal kecil akan kalah bersaing dengan pedagang besar atau yang memiliki modal besar, karena mereka yang memiliki modal besar akan mendapatkan pintu politik terbuka. Selain itu terjadi pengekangan kekuasaan kerajaan karena kekuasaan kerajaan-kerajaan dan kedaultannya dianggap membahayakan posisi Inggris di Nusantara.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved