Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana eksperimen Rutherford menerangkan tentang ukuran inti atom?

Bagaimana eksperimen Rutherford menerangkan tentang ukuran inti atom?space   

Iklan

S. Abdurrahman

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Rumusan model atom Rutherford diantaranya: Sebagian besar ruangan di dalam atom merupakan ruang hampa. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom. Elektron – elektron bergerak mengelilingi inti atom. Rumusan atom Rutherford tersebut didasarkan pada hasil percobaan penembakan inti atom pada lempengan emas dengan partikel alfa. Rutherford menjelaskan apabila partikel alfa mengenai inti atom, maka akan terjadi tumbukan yang mengakibatkan pembelokan atau pemantulan partikel alfa. Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Menurut proposisi Rutherford, muatan atom positif (proton) atom seluruhnya terkumpul di dalam inti (nucleus), yaitu suatu inti pusat yang padat dan terletak di dalam atom. Setiap kali partikel alfa mendekat ke inti dalam percobaan hamburan, partikel ini mengalami gaya tolak yang sangat besar sehingga partikel ini membelok jauh. Hal itu disebabkan karena massa dan muatan atom terpusat pada inti (nukleus). Rutherford menyatakan bahwa muatan inti atom sebanding dengan massa atom dalam sma (satuan massa atom). Partikel alfa yang mengenai awan elektron tidak dibelokkan maupun dipantulkan. Berikut adalah gambar dari atom Rutherford:

Rumusan model atom Rutherford diantaranya:

  • Sebagian besar ruangan di dalam atom merupakan ruang hampa.
  • Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom.
  • Elektron – elektron bergerak mengelilingi inti atom.

Rumusan atom Rutherford tersebut didasarkan pada hasil percobaan penembakan inti atom pada lempengan emas dengan partikel alfa. Rutherford menjelaskan apabila partikel alfa mengenai inti atom, maka akan terjadi tumbukan yang mengakibatkan pembelokan atau pemantulan partikel alfa.

Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Menurut proposisi Rutherford, muatan atom positif (proton) atom seluruhnya terkumpul di dalam inti (nucleus), yaitu suatu inti pusat yang padat dan terletak di dalam atom.

Setiap kali partikel alfa mendekat ke inti dalam percobaan hamburan, partikel ini mengalami gaya tolak yang sangat besar sehingga partikel ini membelok jauh. Hal itu disebabkan karena massa dan muatan atom terpusat pada inti (nukleus). Rutherford menyatakan bahwa muatan inti atom sebanding dengan massa atom dalam sma (satuan massa atom). Partikel alfa yang mengenai awan elektron tidak dibelokkan maupun dipantulkan.

Berikut adalah gambar dari atom Rutherford:

Latihan Bab

Model Atom

Inti Atom

Radioaktivitas dan Peluruhan

Radioisotop

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

789

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa teori atom Rutherford bertentangan dengan teori Gelombang Elektromagnetik?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia