Roboguru

Bagaimana dampak negatif penggunaan pelitur?

Pertanyaan

Bagaimana dampak negatif penggunaan pelitur? 

Pembahasan Soal:

Plitur merupakan cat transparan yang berbahan utama oker. Penggunaan pelitur dapat menyebabkan kerusakan kulit, mata pedih, dan gangguan selaput lendir. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Adhika

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bahan dasar kayu biasanya sering digunakan sebagai pegangan perabot dapur karena bersifat . . . .

Pembahasan Soal:

Perabot dapur harus terbuat dari bahan yang tidak dapat menghantarkan panas agar ketika dipegang tidak membuat tangan menjadi terluka. Kayu banyak digunakan sebagai perabot dapur karena kayu merupakan bahan isolator yang tidak mampu menghantarkan panas atau listrik.

Jadi, jawaban yang tepad adalah B.undefined 

Roboguru

Karet dimanfaatkan untuk membuat ban kendaraan bermotor sebab karet bersifat . . . .

Pembahasan Soal:

Karet bersifat tidak mudah aus, tahan hentakan berulang-ulang,daya tahan tinggi terhadap keretakan. Selain itu karet juga memiliki daya elastisitas yang baik sehingga mudah dalam pengolahannya serta tidak mudah panas dan tahan terhadap suhu tinggi. Oleh karena itu  karet digunakan sebagai bahan utama pembuatan ban.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon. Jelaskan apa perbedaan antara intan dan grafit beserta penyebabnya!

Pembahasan Soal:

Meskipun grafit dan intan tersusun dari unsur yang sama yaitu karbon, tetapi keduanya memiliki struktur yang berbeda. Pada intan, tiap-tiap atom karbon (C) mengikat empat atom karbon (C) lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral (struktur berupa empat bidang). Struktur ini membuat intan bersifat sangat kuat dan keras serta memiliki titik lebur sekitar 3550oC. Pada grafit, atom C berikatan dengan tiga atom C lainnya membentuk lapisan heksagonal (struktur berbentuk datar yang terbentuk dari struktur berbentuk segienam). Antar lapisan-lapisan ini diikat oleh suatu gaya yang disebut gaya Van der Waals yang lemah, sehingga grafit bersifat rapuh. Selain itu, grafit memiliki gaya adhesi yang tinggi. Gaya adhesi merupakan kecenderungan partikel yang berbeda untuk saling melekat. Karena memiliki gaya adhesi yang tinggi, membuat grafit mampu meninggalkan bekas pada kertas maupun objek lain. Struktur grafit yang unik juga menyebabkan elektron pada atom grafit mudah berpindah, oleh kerena itu grafit mudah menghantarkan listrik dan banyak digunakan sebagai elektroda positif (katoda) pada baterai. Grafit juga memiliki sifat yang sulit bereaksi dengan zat lain. Karena itu, grafit banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan alat yang membutuhkan ketahanan dari berbagai zat kimia, misalnya pada tungku pembakaran dan tempat reaksi nuklirundefined 

Roboguru

ldentifikasi perbedaan mendasar karakteristik bahan serat, karet, tanah liat (keramik), gelas, dan kayu!

Pembahasan Soal:

Sifat benda benda yang terbuat dari bahan bahan yang berbeda akan memiliki karakteristik yang berbeda pula, antara lain:

  1. Serat: benda benda yang terbuat dari serat biasanya dapat menyerap air, tidak kaku.
  2. Karet: benda yang terbuat dari bahan ini bisasnya bersifat tahan air dan isolator. Disamping sifat benda berbahan karet mempunyai keunggulan lain dibandingkan bahan plastic adalah sifatnya yang kuat tapi lentur, tahan api (tidak mudah meleleh). Sifatnya yang kuat elastic dan lentur membuat bahan ini cocok untuk meredam benturan.
  3. Keramik: benda yang berbahan keramik biasanya bersifat lebih mudah pecah atau rapuh dari bahan yang lain, berat, keras, tapi tahan air dan mudah dibentuk. Biasanya beda benda yang memakai bahan keramik adalah gerabah dan hiasan.
  4. Gelas: benda benda yang terbuat dari kaca mempunyai sifat transparan, mudah pecah, kuat dan isolator. Keunggulan lain dari bahan bahan dari kaca adalah bahan ini tahan air. Benda yang cocok menggunakan bahan ini adalah piring, dan benda – benda lain yang berguna untuk menyimpan makanan.
  5. Kayu: benda- benda yang terbuat dari bahan kayu mempunyai sifat tidak tahan api, tidak tahan air, keras,space 
Roboguru

Rodentisida adalah pestisida yang dapat digunakan untuk membasmi ....

Pembahasan Soal:

Rodentisida, merupakan pestisida yang digunakan untuk membasmi binatang pengerat seperti tikus. Contoh rodentisida, antara lain warangan dan talium sulfat.

Jadi, rodentisida adalah pestisida yang digunakan untuk membasmi tikus.


Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved