Roboguru

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional...

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan penyuluhan di balai RW mengenai keluarga kecil sejahtera. Intansi tersebut mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri dengan menghindari menikah di usia muda. Hal ini merupakan bentuk pengendalian sosial yang bersifat ...

  1. persuasif

  2. preventif

  3. represif

  4. koersif

  5. kuratif

Jawaban:

Berdasarkan sifatnya pengendalian sosial dibagi menjadi dua yaitu preventif (pencegahan) dan represif (menaggulangi). Preventif adalah pengendalian sosial yang sifatnya adalah mencegah, yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran. Hal itu sesuai dengan soal dimana BKKBN melakukan penyuluhan di balai RW mengenai keluarga kecil sejahtera. Selain itu ada kata yang menekankan untuk memilih jawaban ini yaitu ajakan untuk meningkatkan diri dan menghindari menikah di usia muda. Mengajak dan melakukan penyuluhan merupakan sifat pencegahan terhadap pernikahan di usia dini.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Persuasif merupakan cara pengendalian bukan sifat pengendalian, cara ini dilakukan dengan cara ajakan atau mengajak kepada individu/kelompok yang melanggar agar kembali untuk mentaati aturan yang berlaku.
  • Represif merupakan sifat pengendelian untuk mengembalikan keadan yang sudah menyimpang agar kembali seperti kedaan aman.
  • Koersif merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan kekerasan atau paksaan.
  • Kuratif merupakan pengendalian yang bersifat memulihkan keadaan yang kacau agar kembali seperti awal.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved