Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Setiap pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu megucapkan terima kasih dan berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2) Papa yang harus melanjutkan perjalanan ke kantor, selalu tersenyum cerah mendengar pesan Rani. (3) Ia merasa sangat bangga pada karakter putrinya. (4) Rani, putri semata wayang yang sangat membanggakan kedua orang tuanya. Bukti watak tokoh Rani penyayang dalam cerpen tersebut tergambar pada nomor...

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1) Setiap pagi dari jendela kendaraan Papa, Rani selalu megucapkan terima kasih dan berpesan agar Papa tidak mengebut dan tidak lupa makan siang. (2) Papa yang harus melanjutkan perjalanan ke kantor, selalu tersenyum cerah mendengar pesan Rani. (3) Ia merasa sangat bangga pada karakter putrinya. (4) Rani, putri semata wayang yang sangat membanggakan kedua orang tuanya.

Bukti watak tokoh Rani penyayang dalam cerpen tersebut tergambar pada nomor...

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat yang ditampilkan oleh penulis dalam sebuah karya. Dalam kutipan cerpen di atas, sifat penyayang dari tokoh Rani tampak pada kalimat nomor satu. Kalimat tersebut mengindikasikan rasa peduli Rani terhadap ayahnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut! “Aku tak mengerti, mengapa sikap Yeska sangat tidak bersahabat. Mungkin, karena aku hanya anak kampung dengan latar belakang dari keluarga sederhana. Akan...

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat tokoh yang ditampilkan dalam sebuah cerita. Kekhawatiran Mama dapat menunjukkan rasa sayangnya terhadap Boggi. Ditambah lagi, Mama pun perhatian dan memberi saran kepada Boggi untuk mengikuti ulangan susulan. Watak penyayang Mama terdapat dalam kalimat dua dan empat.

0

Roboguru

Bacalah teks berikut! Sudah dua tahun, Mbok Jah tidak berkunjung ke rumah mantan majikannya di kota. Meskipun sudah terhenti, Mbok Jah tetap memelihara hubungan baik dengan keluarga Mulyono. Dua pulu...

Pembahasan Soal:

Meskipun Mbok Jah sudah lama berhenti bekerja untuk keluarga Mulyono, Mbok Jah tetap memelihara hubungan yang baik dengan keluarga Mulyono. Hal ini merupakan tindakan yang terpuji. Jawaban yang paling tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! Kadang-kadang saja pikiran buruk melintas di benak kami.   Kalimat di atas merupakan penggambaran watak tokoh secara tidak langsung melalui ….

Pembahasan Soal:

Penggambaran watak tokoh secara tidak langsung melalui pikiran-pikiran tokoh, dialog antartokoh, tingkah laku atau tindakan tokoh, tanggapan tokoh, deskripsi fisik, lingkungan sekitar tokoh. Kutipan di atas merupakan cara penggambaran watak tokoh melalui pikiran-pikiran tokoh. Hal tersebut tergambar dari frasa pikiran buruk. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ....

Pembahasan Soal:

Tokoh pada cerpen dibagi menjadi tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis  dalam cerita digambarkan memiliki sifat atau watak yang baik, serta positif. Berbeda dengan tokoh protagonis, tokoh antagonis merupakan tokoh yang menyebabkan adanya konflik atau permasalahan dalam sebuah cerita.

Sukra berusaha mempengaruhi Sukro untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kotor, seperti merampok atau menjadi pengedar narkoba. Dari penggambaran tokoh Sukra tersebut, dapat disimpulkan bahwa tokoh antagonis dalam kutipan cerpen tersebut adalah Sukra.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

0

Roboguru

Tokoh suami yang diceritakan istrinya tersebut berkarakter ....

Pembahasan Soal:

Tokoh merupakan pelaku/orang yang mengalami peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sebuah cerita, termasuk cerpen. Adapun, karakter atau watak tokoh-tokoh cerita yang digambarkan oleh pengarang disebut penokohan.

Tokoh suami tersebut berkarakter gundah. Berdasarkan kutipan: ... desisnya dengan mata yang tetap saja liar, dan sepertinya aku entah di mana, tidak berada di seberang bahunya. Kalimat tersebut menggambarkan kegelisahannya menunggu sesuatu yang tidak kunjung datang. 


Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved