Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) “Ma, perut Boggi sakit sekali. Sebelah sini, Ma.” Aku menunjuk bagian lambung. (2) Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu mengajakku ke dokter. (3) “Tapi Ma, hari ini kan Boggi ada ulangan matematika jam pertama, masa Boggi tidak ikut.” (4) “Nanti ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama. Bukti watak tokoh Mama tersebut penyanyang di tandai dengan nomor ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1) “Ma, perut Boggi sakit sekali. Sebelah sini, Ma.” Aku menunjuk bagian lambung. (2) Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu mengajakku ke dokter. (3) “Tapi Ma, hari ini kan Boggi ada ulangan matematika jam pertama, masa Boggi tidak ikut.” (4) “Nanti ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.

Bukti watak tokoh Mama tersebut penyanyang di tandai dengan nomor ....

  1. (1) dan (3) 

  2. (1) dan (4) 

  3. (2) dan (3) 

  4. (2) dan (4)

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat tokoh yang ditampilkan dalam sebuah cerita. Kekhawatiran Mama dapat menunjukkan rasa sayangnya terhadap Boggi pada kalimat 2. Ditambah lagi, Mama pun perhatian dan memberi saran kepada Boggi untuk mengikuti ulangan susulan pada kalimat 4. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved