Roboguru

Bacalah kutipan cerita berikut! Di sinilah ayah dulu mengajariku berenang, mengajariku bunyi gemeletar punggung buaya lapar dan kecipak anak-anak ikan kemuring. Di sini juga ayah mendidi

Bacalah kutipan cerita berikut!

Di sinilah ayah dulu mengajariku berenang, mengajariku bunyi gemeletar punggung buaya lapar dan kecipak anak-anak ikan kemuring. Di sini juga ayah mendidikku membedakan suara katak daun dan suara keciap ular manau, yang menyaru suara katak untuk melahapnya. Sering aku dan ayah menyusupi celah-celah nifah, menyelam di bawah gemerisik pelepahnya, saling menguji ketahanan dengan tidak bernafas.

Lamunanku buyar ketika telapak kakiku yang mencelup air dikerumuni ikan pari dan batu tempat aku duduk tidak tersinari lantaran matahari hampir tenggelam.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....

  1. di hutan, pagi hari

  2. di desa, siang hari

  3. di sungai, sore hari

  4. di pantai, malam hari

Jawaban:

Latar tempat adalah keterangan tempat yang digunakan dalam sebuah karya. Cukup sulit untuk menentukan latar tempat kutipan cerpen tersebut karena penulis menggunakan diksi-diksi yang tidak familiar seperti kemuring, nifah, dan  manau. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat langsung melihat latar waktu yang digunakan. Keterangan waktu yang digunakan jelas tampil pada kalimat terakhir yang menyebutkan matahari hampir tenggelam. Latar waktu yang paling cocok adalah sore hari. Sementara itu, latar tempat yang bersanding dengan jawaban sore hari hanyalah di sungai, yakni pada jawaban C. Jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved