Roboguru

Bacalah kutipan cerita anak berikut! Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja, dan mengapa harus terus sebal kepada temen sendiri? Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya. Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah….

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerita anak berikut!

Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja, dan mengapa harus terus sebal kepada temen sendiri? Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.

Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah….

  1. Bekerjalah dengan arif dan bijaksana!

  2. Jangan iri pada orang lain yang sukses!

  3. Berbuatlah kebaikan kepada siapapun dan di manapun!

  4. Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang dalam sebuah karya sastra. Amanat kutipan cerpen di atas terkandung dalam perilaku Sandra untuk memaafkan Winda. Sandra memilih untuk menyudahi kekesalannya kepada Winda dan menjenguknya. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tiba-tiba dari ruang makan ada teriakan.       "Hee, ayo buruan! Nanti keburu dingin semua!"       Kami semua terkejut, lalu bergegas ke meja makan. Di situ menunggu Eyang dengan meja penuh makanan. K...

Pembahasan Soal:

Amanat yang tepat pada kutipan tersebut terdapat pada pilihan jawaban Berbagi kepada sesama adalah perbuatan mulia. karena tokoh Eyang memperlihatkan sikap berbaginya terhadap anak-anak yang datang ke rumahnya. Jadi, dari cerita tersebut lebih memperlihatkan sifat berbaginya sehingga amanat yang tepat yaitu Berbagi kepada sesama adalah perbuatan mulia.

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerita anak berikut! Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentangan mengapa tidak memaaf...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca dalam sebuah cerita. Amanat kutipan cerpen di atas terkandung dalam perilaku Sandra untuk memaafkan Winda. Sandra memilih untuk menyudahi kekesalannya kepada Winda dan menjenguknya. Jawaban yang paling tepat adalah D.

0

Roboguru

"Begini Pak, Anak saya, Jati pagi tadi ketika pulang dari berjualan menemukan dompet ini Pak, dan didalamnya ada identitas nama bapak dan sejumlah uang yang kami tidak membuka seluruh isinya" ucap ibu...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Pada kutipan cerita tersebut berisikan tentang seorang Ibu yang mengembalikan dompet orang lain  yang ditemukan oleh anaknya. Berdasarkan hal tersebut, amanat pada kutipan teks drama di atas adalahjangan pernah mengambil barang yang bukan hak! Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

"Boleh", jawab ibu. Akhirnya Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa merasa kasihan dia mengasih semua uangnya kepada pengemis itu. Syifa tidak jadi membeli b...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang terkandung dalam sebuah karya. Pesan yang terkadung dalam kutipan cerpen tersebut dapat dilihat melalui sifat Syifa yang peduli terhadap sesama. Syifa mau memberi sedekah kepada pengemis. Padahal, uang tersebut hendak dia gunakan untuk membeli baju. Siapa yang tahu, Lulu dan Lala, memberikan Syifa sebuah baju. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Hati Sandra merasa sangat kesal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja, dan mengapa harus terus seb...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang terkandung dalam sebuah karya. Amanat kutipan cerpen di atas terkandung dalam perilaku Sandra untuk memaafkan Winda. Sandra memilih untuk menyudahi kekesalannya kepada Winda dan menjenguknya. Jawaban yang paling tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved