Roboguru

Bacalah informasi berikut dengan seksama. Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam. Hal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu....

Pertanyaan

Bacalah informasi berikut dengan seksama.
Teori dan konsep ilmu sosial dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah secara mendalam.
Hal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu....
  1. Kronik
  2. Sinkronik
  3. Diakronik
  4. Monokronik
  5. Anakronisme

Pembahasan Soal:

Ilmu sejarah tidak hanya berdiri sendiri, sehingga membutuhkan bantuan dari ilmu-ilmu sosial. Selain bertujuan untukmenceritakan kejadian, ilmu sejarah juga bertujuan untuk menjelaskan kejadian dengan mengkaji sebabnya, kondisi lingkungan, serta kondisi sosial-budayanya.Dalam ilmu sejarah, konsep ini termasuk dalam cara berpikir sinkronik. Hal ini dikarenakan cara berpikir sinkronik adalah cara berpikir sejarah yang mengutamakan ruang, tetapi terbatas dalam waktu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan pendekatan interdisipliner? Jelaskan dan berikan contohnya!

Pembahasan Soal:

Pendekatan interdisipliner adalah pendekatan untuk penulisan sejarah dengan melibatkan ilmu-ilmu sosial yang lain. Pendekatan ini digunakan terutama untuk penelitian serta model penulisan sejarah deskriptif-eksplanatif. Dengan melibatkan ilmu-ilmu sosial tersebut, fokus penulisan sejarah tidak hanya terpaku pada peristiwa politik dan tokoh-tokoh besar dalam sejarah, tetapi juga pada aspek sosial, ekonomi, budaya, keagamaan, dan lain-lain. Selain itu, penggunaan ilmu sosial ini bertujuan untuk mempertajam analisis.

Salah satu contohnya adalah penelitian tentang kebijakan tanam paksa yang dianalisis dari sudut pandang ekonomi (dampak tanam paksa), politik (aturan tanam paksa), sosial-budaya (pandangan beberapa tokoh dan sikap pribumi terkait adanya tanam paksa) dan geografi (lokasi pelaksanaan kebijaksanaan tanam paksa).

Dengan demikian, pendekatan interdisipliner adalah penulisan sejarah dengan melibatkan ilmu-ilmu sosial yang lain. Salah satu contoh dari penerapan pendekatan interdisipliner adalah mengenai kebijakan tanam paksa yang dapat ditinjau dari sudut ekonomi, politik, sosial-budaya, dan geografi.

Roboguru

Sejarah politik baru, pembahasannya lebih menekankan pada hal-hal sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Sejarah politik baru pembahasannnya lebih menekankan kepada hal hal yang bersifat objektif seperti : 

  • Para tokoh tokoh besar yang berpengaruh pada masa pemerintahan negara tersebut
  • Bagaimana jalannya pemerintahan yang dipimpin oleh para pemimpin negara tersebut
  • Bagaimana struktur kekuasaan dan pemerintahannya
  • Bagimana otoritas kekuasaan dijalankan

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

Roboguru

Menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa, dalam penulisan sejarah dibutuhkan pendekatan ....

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai ilmu karena memiliki teori dan metodologi. Selain itu sebagai sebuah disiplin ilmu, sejarah juga mempunyai beberapa ciri. Ciri tersebut terdiri dari: (1) Empiris, (2) Memiliki objek, (3) Memiliki Teori, dan (4) Memiliki metode. Empiris berkaitan dengan pengalaman manusia. Objek sejarah adalah manusia dan masyarakat. Sedangkan teori dan metodologi diperlukan untuk menjelaskan sebab-akibat terjadinya suatu peristiwa, terutama berkaitan dengan kondisi geografis dan konteks sosial budaya yang ada di sekitar peristiwa sejarah. Dalam penulisan sejarah diperlukan berbagai pendekatan untuk mengkaji suatu permasalahan secara komperhensif. Untuk menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa diperlukan pendekatan ilmu sosiologi, menjelaskan segi ekonomi dari suatu peristiwa diperlukan pendekatan ilmu ekonomi, dan apabila menjelaskan segi politik dari suatu peristiwa diperlukan pendekatan ilmu politik. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

Roboguru

Ilmu yang mempelajari proses terbentuknya bumi adalah....

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa pada masa lampau. Dalam mengkajinya, sejarah memerlukan ilmu sosial lainnya untuk membantu mempelajari sejarah suatu peristiwa. Salah satu ilmu bantu dalam sejarah adalah ilmu geologi. Ilmu geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, sejarah, dan proses terbentuknya bumi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Kemukakan yang dimaksud dengan "pendekatan multidimensional"!

Pembahasan Soal:

Pendekatan multidimensional merupakan ciri utama dalam historiografi modern, dimana penulisan sejarah ditulis dengan berbagai ilmu bantu atau pendekatan. Ilmu bantu sejarah dalam pendekatan multidimensional adalah sosiologi, antropologi, hingga ekonomi. Selain itu, penulisan sejarah juga tidak hanya menceritakan peran dan kehidupan keluarga kerajaan, melainkan juga rakyat kecil, petani, orang kebanyakan yang juga berperan dalam kisah sejarah secara keseluruhan.

Dengan demikian, pendekatan multidimesional merupakan ilmu bantu yang digunakan dalam merekonstruksi peristiwa sejarah.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved