Roboguru

B. J. Habibie gagal mencalonkan diri menjadi Presiden RI karena ...

Pertanyaan

B. J. Habibie gagal mencalonkan diri menjadi Presiden RI karena ... space

  1. Sesuai dengan pasal 8 UUD 1945 Habibie hanya meneruskan tugas dan wewenang presiden karena berhalangan menetap space

  2. Habibie bukan orang Jawa space

  3. Dianggap sebagai kroni Soeharto space

  4. Pidato pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR karena melepaskan Timor Timur space

  5. Bukan ahli tata negara space

Pembahasan Soal:

B.J. Habibie merupakan Presiden ketiga yang pernah menjabat di Indonesia. Masa pemerintahannya cenderung singkat, yaitu 21 Mei 1998-20 Oktober 1999. Masa jabatannya yang singkat itu dipengaruhi oleh pidato pertanggungjawabannya yang ditolak pada sidang istimewa MPR tanggal 14 Oktober 1999. Sebanyak 355 anggota MPR menyatakan menolak pertanggungjawaban B.J. Habibie, 322 anggota menerima, sembilan suara absen, dan empat suara dianggap tidak sah. Salah satu poin penting dalam pidato tersebut adalah pemberian otonomi kepada Timor Timur sehingga melepaskan diri dari NKRI. Setelah laporan pertanggungjawabannya ditolak, B.J. Habibie menyatakan tidak akan mencalonkan diri kembali menjadi calon presiden berikutnya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang benar tentang Sidang Umum MPR hasil Pemilu 1999 adalah...

Pembahasan Soal:

Sidang Umum MPR tahun 1999 berlangsung di masa kepemimpinan Presiden B. J. Habibie.  MPR yang terbentuk melalui hasil Pemilu 1999 berhasil menghasilkan seperti :

  • menetapkan GBH,
  • melaksanakan amandemen pertama terhadap UUD 1945, serta
  • memilih presiden dan wakil presiden.

Pada tanggal 20 Oktober 1999, MPR berhasil memilih K. H. Abdurrahman Wahid sebagai Presiden Republik Indonesia dan sehari kemudian memilih Megawati Soekarno Putri sebagai wakil presiden.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

B. J. Habibie gagal mencalonkan diri menjadi Presiden RI karena...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 5 Mei 1999, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Ali Alatas dan Menteri Luar Negeri Portugis bersama Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa menandatangani kesepakatan pelaksanaan penentuan pendapat rakyat Timor Timur di New York. Kemudian, pada tanggal 17 Mei 1999, Presiden Habibie mengeluarkan Kepres No. 43/1999 tentang Tim Pengamanan Persetujuan Republik Indonesia-Portugis tentang Timor-Timur. Hal ini pun dikuatkan dengan Inpres No. 5/1999 tentang Langkah Pemantapan Persetujuan Republik Indonesia-Portugis. 

Setelah terjadi serangkaian konflik, penentuan pendapat rakyat Timor Timur dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 1999. Dari hasil tersebut diumumkan oleh PBB bahwa mayoritas masyarakat Timor-Timur menolak otonomi. Dengan demikian, Timor-Timur dipastikan bakal segera lepas dari NKRI. Puncaknya pada tanggal 20 Mei 1999 Timor-Timur pun resmi menjadi negara merdeka bernama Timor Leste. Akibat serangkaian peristiwa ini, B. J. Habibie gagal mencalonkan diri menjadi Presiden RI karena pidato pertanggungjawabannya mengenai Timor-Timur ditolak oleh MPR.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Masa pemerintahan B.J. Habibie hanya berlangsung selama 1 tahun 5 bulan, yaitu dari ..

Pembahasan Soal:

Presiden Habibie resmi dilantik sebagai presiden setelah Suharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Dasar hukum pengangkatan Habibie adalah TAP MPR No. VII/MPR/1973. Masa pemerintahan Habibie sebagai presiden hanya berlangsung 1 tahun 5 bulan, mulai dari 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Hal tersebut terjadi karena penolakan pertanggungjawaban Presiden Habibie dalam Sidang MPR melalui proses voting.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sidang umum MPR pada 20 Oktober 1999 menghasilkan keputusan menolak pidato pertanggung jawaban Presiden B.J. Habibie. Dampak penolakan MPR tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Penolakan pidato pertanggungjawaban Presiden Habibie di hadapan seluruh anggota MPR dilakukan dengan voting (pemilihan suara) untuk menentukan apakan MPR menerima atau menolak tanggapan dari laporan pertanggungjawaban Presiden Habibie. Hasil dari voting tersebut: Sejumlah 355 anggota menolak laporan pertanggungjawaban, 322 anggota menerima laporan pertanggungjawaban presiden Habibie, 9 suara yang dinyatakan abstain dan sebanyak 4 suara yang dinyatakan tidak sah. Ditolaknya laporan pertanggungjawaban Presiden Habibie karena dianggap telah gagal dalam melaksanakan amanat dari rakyat serta telah melakukan pelanggaran terhadap Ketetapan MPR. Seperti tidak mengusut jumlah harta kekayaan Presiden Soeharto dan memberikan otonomi kepada Timor Timur, sehingga Timor Timur melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1999.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Dampak politik ditolaknya pidato pertanggungjawaban Presiden Habibie oleh MPR pada tahun 1999 adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 1-21 Oktober 1999, MPR mengadakan Sidang Umum. Di bawah pimpinan Ketua MPR Amien Rais, tanggal 14 Oktober 1999 Presiden Habibie menyampaikan pidato pertanggungjawabannya di depan sidang dan terjadi penolakan terhadap pertanggungjawaban presiden sebagai Mandataris MPR, beberapa fraksi yang menolak antara lain Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Kesatuan Kebangsaan Indonesia dan Fraksi Demokrasi Kasih Bangsa. Pada tanggal 20 Oktober 1999, Ketua MPR Amien Rais menutup Rapat Paripurna sambil mengatakan, ”Dengan demikian pertanggungjawaban Presiden B.J. Habibie ditolak”. Pada hari yang sama Presiden habibie mengatakan bahwa dirinya mengundurkan diri dari pencalonan presiden. Habibie juga ikhlas terhadap penolakan pertanggungjawabannya oleh MPR.undefined   

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined   undefined   

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved