Roboguru

Ayah Andi selalu memberikan hadiah pada Andi jika dia mau membantu ibunya dirumah dan jika dia mendapat nilai yang baik di sekolah. Hal yang demikian adalah contoh dari sosialisasi ...

Pertanyaan

Ayah Andi selalu memberikan hadiah pada Andi jika dia mau membantu ibunya dirumah dan jika dia mendapat nilai yang baik di sekolah. Hal yang demikian adalah contoh dari sosialisasi ...

  1. represif

  2. preventif

  3. partsipatoris

  4. sekunder

  5. primer

Pembahasan Soal:

Gertrude Jaeger membagi sosialisasi ke dalam dua pola, yaitu pola sosialisasi represif dan pola sosialisasi partisipatoris.

  1. Sosialisasi represif menekankan pada penggunaan hukuman terhadap kesalahan. Ciri lain dari sosialisasi represif adalah penekanan pada penggunaan materi dalam hukuman dan imbalan, penekanan lain dari sosialisasi represif adalah penekanan pada komunikasi yang bersifat satu arah, nonverbal dan berisi perintah, penekanan sosialisasi terletak pada orang tua dan pada keinginan orang tua, dan peran keluarga sebagai significant others.
  2. Sosialisasi partisipatoris (participatory socialization) merupakan pola dengan ciri pemberian imbalan ketika anak berperilaku baik. Selain itu, hukuman dan imbalan bersifat simbolik. Dalam proses sosialisasi ini anak diberi kebebasan. Penekanan terletak pada interaksi dan komunikasi yang bersifat lisan. Pusat sosialisasi adalah anak dan keperluan anak, sedangkan keluarga menjadi generalized others.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah pola sosialisasi represif (pilihan jawaban A). Hal ini dikarenakan Ayah Andi menekankan pada penggunaan materi dengan memberikan hadiah sebagai imbalan. Hal tersebut tergolong salah satu ciri pola sosialisasi represif.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved