Roboguru

Asas yang cukup menginspirasi pergerakan kebangsaan di Indonesia adalah...

Pertanyaan

Asas yang cukup menginspirasi pergerakan kebangsaan di Indonesia adalah...

  1. selfhelp dan kesatuan nasional

  2. kooperasi dan kesejahteraan rakyat

  3.  nasionalisme dan radikalisme

  4. kedaulatan politik dan kebebasan berpendapat 

  5. kesatuan bahasa dan budaya

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kebijakan Politik Etis Belanda salah satunya mencakup edukasi (pendidikan). Politik tersebut ternyata mempengaruhi kondisi bangsa Indonesia. Bagaimana pengaruh program tersebut terhadap kebangkitan na...

Pembahasan Soal:

Dalam Politik Etis atau Politik Balas Budi, Belanda membangun sekolah untuk orang Indonesia sebagai kompensasi atas keuntungan yang didapat Belanda selama Tanam Paksa. Politik Etis ini melahirkan kalangan berpendidikan yang kemudian menjadi pendorong Kebangkitan Nasional Indonesia. Mereka inilah yang kemudian menjadi penggerak kebangkitan nasional yang kemudian menghasilkan kemerdekaan Indonesia.space space

Dengan demikian, kebijakan pendidikan pada Politik Etis melahirkan kalangan terpelajar yang kemudian menjadi tokoh perintis dan pendorong pergerakan nasional untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.space space

0

Roboguru

Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?

Pembahasan Soal:

Persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan sangat penting, dan mempunyai peran besar, seperti perjuangan kemerdekaan yang memiliki titik perjuangan penting dalam Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Hasil dari Kongres Pemuda ini menyatukan organisasi pergerakan dan kedaerahan yang berbeda-beda menjadi satu tujuan. persatuan ini sangat penting karena menjadi penggerak perjuangan kemerdekaan.

Jadi, jawabannya adalah semangat persatuan melalui organisasi pergerakan nasional.

0

Roboguru

Sebutkan organisasi pemuda yang berasal dari berbagai daerah lainnya yang bergerak untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia merdeka yang mendorong Indonesia merdeka yang sumpah pemuda

Pembahasan Soal:

Munculnya kesadaran berbangsa dan bernegara menimbulkan berbagai oragnisasi pemuda dari berbagai daerah. Organisasi tersebut bersifat kedaerahan yang membawa sifat daerahnya masing-masing. Namun, meski begitu organisasi tersebut menjunjung semangan nasionalisme. Organisasi tersebut adalah Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Pasundan, Jong Islamiten Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Batak, Pemuda Betawi, Jong Celebes, Sekar Rukun, dan Pemuda Timor.

Jadi, jawabannya adalah Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Pasundan, Jong Islamiten Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Batak, Pemuda Betawi, Jong Celebes, Sekar Rukun, dan Pemuda Timor. 

1

Roboguru

Apa arti penting kebangkitan nasional bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia?

Pembahasan Soal:

Kebangkitan nasional ditandai dengan kemunculan golongan-golongan intelektual pribumi yang mendapat pengaruh pendidikan barat. Selain itu, kebangkitan nasional juga muncul dengan berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Dampak kebangkitan nasional bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah dengan munculnya berbagai organisasi pergerakan dengan aliran idiologi yang berbeda-beda. Hal tersebut mencapai puncaknya pada saat Sumpah Pemuda atau Kongres Pemuda II ketika identitas nasional telah diikrarkan oleh para pemuda.

Dengan demikian arti penting kebangkitan nasional bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah melahirkan organisasi pergerakan progresif serta penegasan terhadap identitas nasional Indonesia.

0

Roboguru

Setelah kembali dari pengasingan di Belanda, Douwes Dekker kemudian mendirikan sebuah yayasan pendidikan. Sebutkan nama yayasan pendidikan yang didirikan Douwes Dekker !

Pembahasan Soal:

Ernest Douwes Dekker merupakan tokoh pejuang kemerdekaan dari golongan Indo. Douwes Dekker menjadi salah satu pemuda yang aktif pada masa pergerakan nasional dengan mendirikan Indische Partij. Melalui organisasi tersebut berbagai kritik keras dilayangkan kepada Pemerintah Belanda. Oleh karena itu, Douwes Dekker sempat diasingkan. Setelah pengasingannya, Douwes Dekker mendirikan sekolah "Ksatrian Institut" di Bandung.

Dengan demikian, Ernest Douwes Dekker menjadi salah satu tokoh pergerakan yang berkontribusi dalam dunia pendidikan dengan mendirikan "Ksatrian Institut".

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved