Roboguru

Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historis. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah...

Pertanyaan

Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historis. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah...

  1. observasi

  2. kuesioner

  3. wawancara

  4. studi kepustakaan

  5. FGD (Focus Group Discussion)

Pembahasan Soal:

Salah satu jenis penelitian berdasarkan metodenya berupa penelitian historik. Fokus kajian penelitian historik adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Penelitian ini berdasarkan pada deskripsi lisan maupun tulisan dari objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif.

Sumber-sumber data dalam penelitian historis adalah :

1) Sumber data primer yaitu data yang diperoleh dari cerita para pelaku peristiwa itu sendiri, dan atau saksi mata yang mengalami peristiwa tersebut. Sumber tersebut dapat berupa dokumena asli, relief, dan benda-benda peninggalan masyarakat masa lampau (artefak).

2) Sumber data sekunder, yaitu data atau informasi diperoleh dari sumber lain yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan peristiwa tersebut, sumber tersebut dapat berupa buku-buku, catatan yang berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, artefak termasuk dalam sumber data primer yang diperoleh melalui observasi oleh peneliti.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved