Roboguru

Apakah yang dimaksud kultur jaringan? Berilah contoh tanaman apa saja yang biasa dikembangbiakan dengan kultur jaringan!

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud kultur jaringan? Berilah contoh tanaman apa saja yang biasa dikembangbiakan dengan kultur jaringan!undefined

  1. undefined

  2. undefined

Pembahasan Soal:

Kultur jaringan merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif berdasarkan sifat totipotensi tumbuhan. Tolipotensi adalah kemampuan setiap sel tumbuhan untuk tumbuh menjadi individu baru yang sempurna. Kultur jaringan dilakukan dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan pada media yang kaya nutrisi dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut tumbuh menjadi tanaman yang lengkap.

Bagian tanaman yang akan dikultur disebut eksplan. Eksplan dibiarkan tumbuh menjadi massa sel yang belum berdiferensiasi disebut kalus. Sel-sel kalus kemudian berdiferensiasi membentuk akar, batang, daun, dan tumbuh menjadi tanaman lengkap yang berukuran kecil (planlet).

Tanaman yang biasa dikultur adalah tanaman unggul atau tanaman langka seperti: anggrek, pisang abaca, tanaman obat-obatan, kentang, tomat, wortel, mawar, krisan, atau mangga.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved