Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan pindah silang?

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan pindah silang?space

Pembahasan Soal:

Pindah silang (crossing over) adalah peristiwa pertukaran segmen kromatid yang bukan saudaranya (non-sister chromatids) dari sepasang kromosom homolog. Peristiwa pindah silang terjadi saat pembelahan meiosis I, yaitu pada akhir profase I atau awal metafase I. Pada saat itu, satu kromatid akan membelah menjadi dua. Peristiwa pindah silang umumnya terjadi pada organisme seperti manusia, tumbuhan, dan juga hewan.

Pada saat kromosom mulai memisah, kromatid-kromatid yang saling menyilang akan terputus pada bagian yang disebut kiasma (jamak: kiasmata). Tiap potongan kromatid akan saling melekat pada kromatid di sebelahnya. Dengan demikian, akan terjadi perpindahan gen dari satu kromatid ke kromatid yang berada di sebelahnya.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Dianita

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan pindah silang? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Pindah silang (crossing over) ialah pertukaran materi genetik antara kromosom homolog yang bukan saudara yang nantinya menghasilkan kromosom rekombinan. Pindah silang merupakan salah satu tahapan akhir dari rekombinasi genetik, yang terjadi saat pembelahan meiosis I, yaitu pada akhir profase I atau awal metafase I. Pada saat itu, satu buah kromatid akan membelah menjadi dua. Peristiwa pindah silang akan menghasilkan keturunan dengan sifat yang baru. Peristiwa pindah silang umumnya terjadi pada organisme seperti manusia, tumbuhan, dan juga hewan.

0

Roboguru

Peristiwa pindah silang dapat menyebabkan perubahan jumlah kromosom pada suatu organisme. SEBAB Peristiwa pindah silang dapat menyebabkan peningkatan variasi genotipe dan fenotipe.

Pembahasan Soal:

Pindah silang merupakan peristiwa perubahan letak gen-gen dalam kromosom yang disebabkan karena adanya penukaran segmen kromatid pada sepasang kromosom homolog. Peristiwa pindah silang dapat menyebabkan terjadinya rekombinasi sehingga menyebabkan peningkatan variasi genotip dan fenotip, namun peristiwa tersebut tidak dapat menyebabkan perubahan jumlah kromosom pada suatu organisme. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pernyataan salah dan alasan benar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Gen P, Q, R, dan S terdapat dalam kromosom yang sama. Hasil investigasi populasi besar diperoleh nilai pindah silang diantara pasangan gen sebagai berikut :  P dan R = 34 %  P dan Q = 59 %  R dan...

Pembahasan Soal:

Nilai pindah silang menunjukkan besarnya peluang antara dua gen untuk terjadinya crossing over. Semakin besar nilainya, maka semakin besar peluang untuk gen-gen tersebut mengalami pindah silang dan semakin jauh jarak antar kedua gen tersebut. Pada soal diketahui nilai pindah silang dari beberapa gen sebagai berikut.space 

  • P dan R = 34 %space 
  • P dan Q = 59 %space 
  • R dan S = 12 %space 
  • S dan Q = 37 %space 

Nilai pindah silang paling besar terjadi pada gen P dan Q sebesar 59%, ini artinya gen P dan Q berada pada urutan pertama dan urutan paling akhir. Jika dituliskan posisi dari P dan Q seperti berikut: P _ _ Q. Selanjutnya untuk urutan kedua dan ketiga ada dua kemungkinan yaitu RS atau SR karena nilai pindah silang R dan S paling kecil. Maka dilihat lagi nilai pindah silang antara P dan R, serta S dan Q. Nilai pindah silang P dan R adalah 34% dan nilai pindah silang S dan Q adalah 37%. Karena nilai pindah silang S dan Q lebih besar, jadi dapat diketahui urutan gennya yaitu, P-S-R-Q. Jika dijabarkan nilai pindah silang masing-masing adalah sebagai berikut.space 

  • P dan S = 22%space 
  • S dan R = 12%space 
  • R dan Q = 25%space 
  • Maka, P dan Q = 22% + 12% + 25% = 59%space 

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan tautan (linkage) dengan pindah silang (crossing over).

Pembahasan Soal:

- Tautan (linkage) merupakan peristiwa dua gen atau lebih yang terletak pada kromosom yang sama dan tidak dapat memisah secara bebas (saling tertaut) saat pembentukan gamet. Tautan sering terjadi pada gen-gen berbeda tetapi letaknya berdekatan.

Berdasarkan tempat terjadinya tautan terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Tautan Autosomal : tautan yang terjadi pada gen-gen yang terletak pada kromosom tubuh yang sama.
  • Tautan seks : tautan yang terjadi pada gen-gen yang terletak pada kromosom seks yang sama.

- Pindah Silang (crossing over) peristiwa pertukaran gen-gen pada suatu kromosom dengan gen-gen pada kromosom lainnya. Pindah silang terjadi saat profase pembelahan meiosis dan menyebabkan terjadinya rekombinan (RK).

0

Roboguru

Proses terjadinya pertukaran bagian kromosom-kromosom yang homolog pada waktu meiosis disebut....

Pembahasan Soal:

Pindah silang (crossing over) adalah peristiwa pertukaran segmen kromatid yang bukan saudaranya dari sepasang kromosom homolog. Pindah silang terjadi saat pembelahan meiosis I yaitu pada akhir profase I. Peristiwa pindah silang akan menghasilkan keturunan dengan sifat yang baru. Hal ini karena adanya rekombinasi gen, yaitu penggabungan dari sebagian gen induk jantan dengan sebagian gen induk betina sehingga menghasilkan susunan pasangan gen yang berbeda dari gen-gen induknya. Pindah silang akan menghasilkan keturunan yang terdiri atas kombinasi parental (KP) yang memiliki genotipe sama dengan induk dan rekombinan (RK) yang memiliki genotipe berbeda dengan induk.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved