Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan indeks kelamin?

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan indeks kelamin?space space 

Pembahasan Soal:

Indeks kelamin (IK) adalah penentuan kelamin pada lalat buah diperoleh dari membandingkan antara kromosom X dengan kromosom tubuhspace space 

I K equals fraction numerator J u m l a h space k r o m o s o m space X over denominator J u m l a h space a u t o s o m end fraction 

Keterangan:space 

  • Apabila hasilnya less or equal than 0 comma 5 , maka lalat buah itu berkelamin jantan
  • Apabila hasilnya greater or equal than 1, maka lalat buah itu berkelamin betina
  • Apabila hasilnya 0 comma 5 space greater than space X space less than 1, maka lalat buat itu berkelamin interseksspace space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. El

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kromosom dapat digunakan sebagai penentu jenis kelamin. Kelompok organisme dan sistem jenis kelamin berdasarkan kromosom benar, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setiap organisme dilahirkan dengan penentuan jenis kelamin atau disebut juga deteminasi seks.. Penentuan jenis kelamin ini dapat terjadi karena pewarisan secara bebas oleh gamet parental kepada keturunannya dalam peristiwa meiosis. Dalam determinasi seks, ada beberapa sistem yang digunakan seperti berikut:

  1. Sistem XX-XY bagi tumbuhan, hewan, dan manusia
  2. Sistem XO yang digunakan bagi beberapa jenis serangga
  3. Sistem ZW yang ditemukan pada jenis unggas, ikan, kupu-kupu, dan beberapa jenis burung
  4. Sistem ZO yang dapat ditemukan pada beberapa jenis unggas
  5. Sistem haploid-diploid atau jumlah kromosom yang diemukan pada semut dan lebah

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Jelaskan tipe-tipe penentuan jenis kelamin!

Pembahasan Soal:

Penentuan jenis kelamin atau determinasi seks adalah proses penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup berdasarkan kromosom kelamin. Terdapat beberapa tipe penentuan jenis kelamin pada organisme, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tipe XY
    Organisme yang memiliki kromosom kelamin dengan tipe XY dapat ditemukan pada mamalia termasuk manusia, beberapa jenis serangga, serta beberapa jenis tumbuhan berumah dua (hanya memiliki satu jenis kelamin dalam satu pohon).
  2. Tipe X0
    Organisme yang memiliki jenis kelamin tipe ini dapat ditemui pada beberapa jenis serangga seperti belalang dan kecoa. Hal ini karena pada belalang dan kecoa tidak dijumpai kromosom Y, sehingga penentuan jenis kelaminnya menggunakan tipe X0. Belalang betina akan memiliki kromosom kelamin yang terdiri atas sepasang kromosom X dan belalang jantan akan memiliki kromosom kelamin yang terdiri atas satu kromosom X dan tidak memiliki kromosom Y.
  3. Tipe ZW
    Organisme dengan jenis kelamin tipe ZW dapat ditemui pada ikan, unggas, dan beberapa jenis reptil tertentu. Berlawanan dengan tipe XY, individu betina akan memiliki kromosom kelamin yang terdiri atas pasangan kromosom yang berbeda dan individu jantan akan memiliki kromosom kelamin yang terdiri atas pasangan kromosom yang sama. Akan tetapi, untuk menghindari kekeliruan dengan tipe XY, pasangan kromosom yang berbeda diberi simbol ZW dan pasangan kromosom yang sama diberi simbol ZZ.
  4. Tipe haploid-diploid
    Organisme dengan jenis kelamin bertipe haploid-diploid dapat ditemukan pada serangga ordo Hymenoptera, seperti semut dan lebah.

Jadi, tipe-tipe penentuan jenis kelamin ada empat yaitu tipe XY, XO, ZW, dan haploid-diploid.space 

0

Roboguru

Determinasi seks pada manusia ditentukan oleh kromosom seks yang terkandung di dalam tiap inti sel. Lengkapilah tabel determinasi seks pada manusia berikut ini!

Pembahasan Soal:

Determinasi seks merupakan proses penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup berdasarkan kromosom kelamin (gonosom) yang diwariskan secara bebas oleh gamet parental kepada keturunannya melalui proses meiosis. Dalam penentuan jenis kelamin, sangat dipengaruhi oleh adanya kromosom seks. Penentuan jenis kelamin pada manusia dari orang tua kepada anaknya ditentukan oleh kromosom ayahnya. Untuk lebih memahami, perhatikan tabel determinasi seks pada manusia berikut ini!space space 

0

Roboguru

Kariotipe pada Drosophila melanogaster adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Di dalam inti sel lalat buah hanya terdapat 8 kromosom (4 pasang). Delapan kromosom itu dibedakan atas 6 buah (3 pasang) autosom (kromosom tubuh) dan 2 buah (1 pasang) gonosom (kromosom kelamin). Dengan demikian, kariotipe dari setiap sel tubuh lalat buah adalah sebagai berikut:

  • Betina: 6A + XX atau 3AA + XX
  • Jantan: 6A + XY atau 3AA + XYspace space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat mengenai determinasi seks adalah …..

Pembahasan Soal:

Penentuan jenis kelamin atau determinasi seks adalah proses penentuan jenis kelamin pada makhluk hidup. Determinasi seks didasarkan pada 2 faktor utama, yaitu berdasarkan kromosom kelamin maupun faktor eksternal seperti suhu lingkungan. Penentuan jenis kelamin atau determinasi seks untuk menentukan apakah suatu makhluk hidup laki-laki atau wanita, betina atau jantan, atau hermafrodit. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved