Roboguru

Apakah yang dimaksud dengan gagal berpisah?

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan gagal berpisah?space 

  1. ....space 

  2. ....space 

Pembahasan Soal:

Gagal berpisah (nondisjunction) merupakan kegagalan kromosoin homolog untuk memisahkan diri pada saat pembelahan meiosis. Akibatnya, terdapat gamet yang lebih atau kurang jumlah kromosomnya. Contohnya pada persilangan Drosophila melanogaster. Pada persilangan tersebut lalat betina mengalami gagal berpisah. Lalat betina yang mengalami gagal berpisah membentuk tiga macam kemungkinan gamet yaitu X, XX, dan 0. Apabila lalat jantan yang mengalami gagal berpisah, kemungkinan gametnya adalah Y, XX, YY, dan 0.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang benar mengenai gagal berpisah yaitu ...

Pembahasan Soal:

Gagal berpisah adalah peristiwa gagalnya pemisahan kromosom ke arah kutub yang berlawanan saat anafase meiosis I maupun meiosis II. Pasangan kromosom yang mengalami gagal berpisah menghasilkan penambahan atau pengurangan jumlah kromosom. Contohnya penambahan yaitu pada Sindrom Down, di mana kromosom nomor 21 menjadi ada 3 (trisomi), sedangkan contoh pengurangan yaitu pada Sindrom Turner, di mana kromosom X hanya terdapat satu (monosomi).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Jika dihasilkan gamet yang sebagian abnormal, maka peristiwa gagal berpisah terjadi pada proses...

Pembahasan Soal:

Gagal berpisah adalah peristiwa gagalnya pemisahan kromosom ke arah kutub yang berlawanan saat anafase meiosis I maupun meiosis II. Pada pembelahan meiosis 1, kromosom-kromosom yang telah mengganda akan ditarik menuju kutub sel oleh benang-benang spindel yang menempel pada sentromer. Pada keadaan normal, kromosom-kromosom homolog tersebut akan berpisah dan menuju ke kutub sel yang berlawanan. Tetapi, terdapat suatu kasus yaitu kromosom mengalami gagal berpisah, sehingga ada kromosom yang akan tertarik ke salah satu kutub sel saja. Akibatnya, gamet yang terbentuk hasil dari meiosis 2 akan mengalami penambahan atau pengurangan jumlah kromosom seperti ini. Jumlah kromosom gamet normal adalah n atau 23 kromosom, jika kelebihan bisa kita sebutkan n+1 dan jika kekurangan bisa kita sebut n-1. Gagal berpisah pada meiosis I dapat menghasilkan semua gamet memiliki jumlah kromosom yang abnormal. Gagal berpisah juga dapat terjadi pada pada meiosis II. Ketika meiosis I normal tapi pada meiosis II gagal berpisah, masih memungkinkan dihasilkannya gamet yang normal (n), tetapi sebagian gamet yang lain jumlah kromosomnya abnormal. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.  

Roboguru

Gagal berpisah merupakan peristiwa gagalnya kromosom homolog untuk menuju kutub pembelahan yang terjadi pada tahap ....

Pembahasan Soal:

Gagal berpisah (Non Disjunction) merupakan peristiwa gagalnya satu kromosom atau lebih untuk berpisah menuju kutub yang berlawanan pada tahap anafase meosis I maupun meiosis II. Normalnya, kromosom homolog akan ditarik menuju ke kutub yang berlawanan oleh benang spindel. Kromosom tersebut akan berpisah dan menuju kutub berlawanan. Pada peristiwa gagal berpisah, kromosom hanya akan tertarik menuju satu kutub saja. Hal tersebut akan menyebabkan kelebihan kromosom pada satu kutub, sedangkan kutub yang lain akan kekurangan kromosom. Gagal berpisah dapat disebabkan oleh mutagen (zat penyebab mutasi).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space  

Roboguru

Jika dihasilkan gamet yang semua abnormal dari proses pembelahan sel, maka peristiwa gagal berpisah terjadi pada proses ....

Pembahasan Soal:

Gagal berpisah adalah peristiwa gagalnya pemisahan kromosom ke arah kutub yang berlawanan saat anafase meiosis I maupun meiosis II. Dalam keadaan normal, pada anafase meiosis I kromosom homolog yang telah mengganda akan ditarik menuju kedua kutub sel. Namun, jika terjadi gagal berpisah pada tahap ini, satu sel anakan akan mendapat sepasang kromosom homolog, sedangkan sel anakan yang lain tidak akan mendapat kromosom sama sekali. Kemudian di tahap selanjutnya, dua sel tadi akan membelah lagi menghasilkan 4 sel anakan yang semuanya memiliki jumlah kromosom yang abnormal.

Jika gagal berpisah terjadi pada tahap anafase meiosis II, dua sel anakan yang dihasilkan dari meiosis I di tahap sebelumnya akan membawa jumlah kromosom yang sama. Ketika terjadi gagal berpisah di tahap meiosis II, kromosom yang berupa sister kromatid akan gagal berpisah sehingga salah satu sel anakan akan mendapat sister kromatid utuh, sedangkan sel lainnya tidak mendapat kromosom sama sekali. Dua sel anakan yang lainnya akan mendapat jumlah kromosom yang normal.

 Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Peristiwa ..... merupakan contoh akibat dari gagal berpisah.

Pembahasan Soal:

Peristiwa sindrom pada manusia adalah contoh akibat dari gagal berpisah. Gagal berpisah (Non Disjunction) adalah gagal berpisah terjadi saat. pembelahan meiosis kromosom-kromosom yang telah mengganda akan ditarik menuju kutub sel oleh benang-benang spindel yang menempel pada sentromer. Dalam keadaan normal, kromosom-kromosom tersebut akan berpisah dan menuju ke kutub sel yang berlawanan. Akan tetapi, terdapat suatu kasus di mana kromosom mengalami gagal berpisah, sehingga semua kromosom hanya akan tertarik ke salah satu kutub sel saja. Akibatnya, gamet yang terbentuk akan mengalami penambahan atau pengurangan jumlah kromosom.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved