Roboguru

Apakah tugas dari PPKI?

Pertanyaan

Apakah tugas dari PPKI?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang badan ini dikenal dengan sebutan Dokuritsu Junbi Ikai. PPKI dibentuk setelah BPUPKI bubar karena dianggap telah selesai dengan tugas-tugasnya. PPKI ini dibentuk resmi pada 7 agustus tahun 1945.

Dengan demikian, secara umum tugas dari PPKI adalah mempersiapkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Sementara tugasnya secara spesifik adalah sebagai berikut:

  1. mengesahkan UUD 1945
  2. memilih dan mengangkat Presiden dan wakilnya.
  3. membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat atau KNIP
  4. membentuk kementrian
  5. membetuk pemerintahan daerah

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketua PPKI adalah ....

Pembahasan Soal:

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai merupakan badan yang dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945. PPKI berfungsi untuk mempersiapkan segala hal yang terkait dengan kemerdekaan Indonesia, sekaligus meneruskan tugas BPUPKI yang telah dibubarkan pada 6 Agustus 1945. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno. Dalam perkembangannya, PPKI berhasil melaksanakan 3 kali sidang yang berperan dalam pembentukkan pemerintahan awal Republik Indonesia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang berdaulat perlu membentuk badan-badan kelengkapan negara. Berikut ini yang bukan temasuk lembaga kelengkapan negara setelah Indonesia merde...

Pembahasan Soal:

Setelah tugas-tugasnya selesai, BPUPKI kemudian dibubarkan. Selanjutnya dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945. Dalam tugasnya, PPKI melaksanakan sidang sebanyak 3 kali yakni pada tanggal 18,19 dan 22 Agustus 1945. Sidang pertama PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 ini membahas mengenai Pengesahan UUD 1945 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akhirnya menghasilkan kesepakatan mengenai terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan Wakil presiden, dan juga disahkannya UUD 1945. Sidang kedua PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945 membahas mengenai pembentukan departemen dan pemerintahan daerah. Sidang ini menghasilkan pembagian wilayah NKRI menjadi delapan provinsi dan pembentukan 12 departemen ditambah dengan kementrian negara. Sidang ketiga PPKI berlangsung pada tanggal 22 Agustus 1945 dengan agenda pembentukan badan-badan negara. Sidang ketiga ini menghasilkan pembentukan Komite Nasional Seluruh Indonesia dengan pusatnya di Jakarta. Sidang PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 juga memutuskan adanya pembentukan partai politik nasional yang kemudian terbentuk PNI (Partai Nasional Indonesia). Selain itu dengan berbagai pertimbangan akhirnya PPKI memutuskan untuk membentuk BKR yang yang bertugas menjaga keamanan rakyat, bukan Tentara Indonesia (TNI).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Apakah tugas PPKI?

Pembahasan Soal:

Tugas utama PPKI adalah mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Mengesahkan UUD 1945 
  2. Memilih dan mengangkat Ir.Soekarno sebagai presiden Republik Indonesia dan Drs.M.Hatta sebagai wakil presiden Republik Indonesia
  3. Membentuk komite nasional Indonesia pusat (KNIP) untuk membantu tugas presiden sebelum DPR/MPR terbentuk.

Dengan demikian PPKI memiliki tugas untuk melanjutkan BPUPKI yang telah dibubarkan oleh Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945.

1

Roboguru

PPKI mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara pada tanggal...

Pembahasan Soal:

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia didirikan pada tanggal 7 Agustus 1945, setelah dibubarkannya BPUPKI yang dirasa sudah selesai menyusun dasar negara sebagai tugasnya. Sidang PPKI dilaksanakan dalam rangka pembentukan awal negara Indonesia, dilakukan sebanyak 3 kali yakni pada tanggal 18 Agustus 1945, tanggal 19 Agustus 1945, dan tanggal 22 Agustus 1945. Pada sidang PPKI pertama, PPKI berhasil mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia yang dialamnya terkandung Pembukaan Undang-Undung Dasar 1945 sekaligus sebagai bentuk pengesahan Pancasila sebagai dasar negara. Lalu disepakatinya presiden dan wakil presiden yaitu Ir. Soekarno dan Moh Hatta yang dibantu oleh komite nasional.

Dengan demikian PPKI mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945.

0

Roboguru

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, besoknya tanggal 18 Agustus 1945 PPKI menyelenggarakan rapat. Tuliskan 6 ( enam ) hasil keputusan rapat PPKI tersebut.

Pembahasan Soal:

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menjadi salah satu lembaga yang dibentuk para tokoh Indonesia dengan seizin pemerintahan militer Jepang. Organisasi PPKI dibentuk pada 7 Agustus 1945 dan dibubarkan 22 Agustus 1945. Selama masa kerjanya, PPKI telah menggelar tiga kali sidang yang diadakan pada 18, 19, dan 22 Agustus 1945.

  1. Hasil sidang I PPKI : sidang yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Agustus 1945 ini memiliki topik bahasan mengenai dasar negara dan pemimpin negara. Sidang I PPKI tersebut menghasilkan tiga keputusan penting, yakni : menetapkan dan mengesahkan UUD 1945, mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden, membentuk Komite Nasional sebagai badan pembantu Presiden sebelum DPR/MPR seperti yang diharapkan UUD 1945.
  2. Hasil sidang II PPKI : sidang II PPKI dilaksanakan pada 19 Agustus 1945 dengan fokus pembahasan untuk menyusun pemerintahan pusat dan daerah. Pada sidang ini, PPKI menghasilkan keputusan sebagai berikut : menetapkan 12 Kementerian yang bertugas membantu Presiden, membagi wilayah Indonesia ke dalam delapan provinsi beserta menunjuk para gubernurnya, akan membentuk suatu Badan Keamanan Rakyat (BKR).
  3. Hasil Sidang III PPKI : pada tanggal 22 Agustus 1945, sidang III PPKI berfokus dengan merancang lembaga tinggi kelengkapan negara dan menghasikan keputusan berikut: membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNPI) yang berpusat di Jakarta, menetapkan partai Nasional Indonesia (PNI) sebagai satu-satunya partai politik di Indonesia, membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Dengan demikian, enam hasil putusan rapat PPKI adalah.

  1. Mengesahkan Undang Undang.
  2. Memilih Presiden.
  3. Membentuk Komite Nasional Sebagai Pembantu Presiden.
  4. Pembagian Wilayah.
  5. Membentuk PNI.
  6. Pembentukan BKR.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved