Roboguru

Apakah perbedaan teori evolusi menurut Lamarck dengan Weismann?

Pertanyaan

Apakah perbedaan teori evolusi menurut Lamarck dengan Weismann?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teori evolusi menurut Lamarck yaitu, proses evolusi terjadi karena hasil adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Sedangkan Teori evolusi menurut Weismann, proses evolusi terjadi karena adanya seleksi alam terhadap faktor genetik. Variasi yang diwariskan dari induk kepada anaknya. Bukan diperoleh dari lingkungan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan mekanisme evolusi Charles Darwin dan JB Lamarck dalam memaparkan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston!

Pembahasan Soal:

Mekanisme evolusi menurut Charles Darwin yaitu terdapat dua teori pokok, yaitu:

  1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam.
  2. Evolusi terjadi melalui seleksi alam.

Sementara itu, terdapat pula teori Evolusi Lamarck yang berisi dua gagasan utama, yaitu:

  1. Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.
  2. Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya.

Jika dikaitkan dengan fenomena kupu-kupu Biston, maka menurut Darwin adaptasi terhadap lingkungan merupakan salah satu mekanisme seleksi alam, sehingga lambat laun populasi kupu-kupu Biston cerah menjadi rendah karena tidak adaptif terhadap perubahan lingkungan akibat revolusi industri. Sementara itu, jika dikaitkan pula dengan teori Lamarck berarti perubahan warna pada kupu-kupu Biston terjadi akibat pengaruh lingkungan dan perubahan akibat lingkungan tersebut dapat diturunkan.space space 

0

Roboguru

"Jika seekor mamalia selalu memanjangkan hidungnya untuk mencapai udara dan memakan makanan, hidung itu akan memanjang dan ciri ini akan diwariskan kepada keturunannya."Hipotesis semacam ini dikemukak...

Pembahasan Soal:

Hipotesis seperti pada soal dikemukakan oleh J.B. Lamarck. Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu:

  • Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.
  • Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Diantara ketiga ilmuwan Curvier, Weismann dan Lamarck mana yang kalian suka dan setuju dengan ide nya ? Jelaskan dengan penjelasan teori ilmuwan tersebut dan alasan logis mu !

Pembahasan Soal:

Georges Cuvier merupakan ilmuan pertama yang mencoba mencari tahu titik awal evolusi makhluk hidup berdasarkan temuan fosil. Dari fosil hasil temuannya, Cuvier berpandangan bahwa dalam siklus makhluk hidup telah terjadi peristiwa kepunahan. Cuvier mengembangkan teori Katastrofi atau bencana alam. Cuvier termasuk ke dalam golongan ilmuan yang tidak percaya akan adanya perubahan drastis pada suatu makhluk hidup. Cuvier percaya kalau makhluk hidup memiliki bentuk yang tetap. August Wismann menyatakan bahwa evolusi menyangkut pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin atau evolusi berkaitan dengan gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetik. Jean Baptiste Lamarck berpendapat bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan. Artinya bahwa makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungan dengan menggunakan organ tubuhnya, perubahan sifat dan fungsi organ tubuh sebagai akibat adaptasi dengan lingkungannya akan diwariskan kepada keturunanya. Terjadi perbedaan teori Lamarck dengan Weismann, jika teori Lamarck mengatakan bahwa perubahan sifat dan fungsi organ tubuh sebagai akibat adaptasi dengan lingkungannya akan diwariskan kepada keturunannya. Sedangkan teori Weismann mengatakan bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh dari lingkungan tidak akan diwariskan.undefined  

0

Roboguru

Apakah teori evolusi jerapah menurut Darwin sesuai dengan teori use dan disuse yang dikemukakan Lamarck?

Pembahasan Soal:

Teori evolusi jerapah Darwin tidak sesuai dengan teori use dan disuse Lamarck karena Darwin beranggapan bahwa evolusi terjadi karena adanya seleksi alam. Sifat jerapah leher panjang yang lebih kuatlah yang akan bertahan dan dapat berkembangbiak. Sedangkan, jerapah leher pendek tidak dapat melalui seleksi alam sehingga mengalami kepunahan. Lamarck meyakini bahwa jerapah dulunya leher pendek tetapi karena kebiasannya menjulurkan lehernya secara terus-menerus untuk mencari makan, maka lehernya bertambah panjang.undefined 

Jadi, teori evolusi Darwin tidak sesuai dengan pandangan Lamarck.undefined 

0

Roboguru

Berikut adalah nama ilmuwan biologi! August Weismann Gregor Mendel Charles Darwin Lamarck Watson and Crick Charles Lyell Tokoh yang mendukung teori evolusi ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Evolusi adalah suatu perubahan pada makhluk hidup yang terjadi secara berangsur-angsur dalam jangka waktu yang lama. Tokoh yang menaruh perhatian besar pada evolusi diantaranya Count of Buffon, Erasmus Darwin, Lamarck, Charles Darwin, dan August Weismann. Sementara itu, peranan tokoh lainnya pada soal tidak bergelut pada kajian evolusi. Gregor Mendel adalah tokoh yang berperan penting dalam keilmuan genetika lebih spesifiknya adalah tentang hereditas. Sama halnya dengan Gregor Mendel, Watson dan Crick juga merupakan tokoh genetika, mereka menemukan bentuk struktur DNA yang kemudian diberi nama dengan istilah ''Teori Anak Tangga''.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved