Roboguru

Apakah perbedaan antara konsep redoks berdasarkan penyerahan dan penerimaan elektron dengan konsep redoks berdasarkan peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi? Jelaskan!

Pertanyaan

Apakah perbedaan antara konsep redoks berdasarkan penyerahan dan penerimaan elektron dengan konsep redoks berdasarkan peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi? Jelaskan!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konsep pelepasan dan penerimaan elektron pada reaksi redoks berkaitan dengan reaksi reduksi-oksidasi yang berlangsung karena adanya penerimaan dan pelepasan elektron. Reaksi oksidasi merupakan reaksi pelepasan elektron, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi penangkapan elektron. Konsep ini terbatas pada senyawa ionik saja, sedangkan senyawa kovalen tidak. 
Pada konsep penurunan/kenaikan biloks, digunakan untuk mengetahui reaksi berlangsung melalui proses redoks atau tidak. Kenaikan bilangan oksidasi menunjukkan reaksi oksidasi, sedangkan reaksi reduksi ditandai dengan penurunan bilangan oksidasi atom yang sama.

Jadi, perbedaan konsep redoks tersebut yaitu untuk konsep yang melibatkan elektron berdasarkan elektron yang ditangkap atau dilepas sedangkan konsep biloks membandingkan biloks yang naik atau turun.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved