Roboguru

Apakah peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari?

Pertanyaan

Apakah peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari?space

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia sering disebut sebagai pusatnya pengetahuan karena peranannya sangat penting di antara ilmu pengetahuan lainnya. Ilmu kimia juga merupakan ilmu yang mempelajari materi yang ada di sekitar dan mempengeruhi berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, ilmu kimia memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini perananan ilmu kimia dalam berbagai bidang.

  • Kesehatan dan kedokteran

Di bidang kesehatan dan kedokteran, ilmu kimia mempermudah parah ahli dalam mendiagnosis berbagai penyakit dalam mempelajari genetika untuk metode pengobatan kesehatan seperti pembuatan alat cuci darah, pembuatan materi sintesis  pengganti tulang dan gigi.

  • Farmasi

Di bidang farmasi, ilmu kimia berperan dalam pembuatan obat-obatan, pembuatan vaksin, dan menemukan pengobatan yang tidak menimbulkan efek samping terhadap penyembuhan penyakit seperti kanker, AIDS, dan penyakit lainnya.

  • Energi dan lingkungan

Pada bidang energi, ilmu kimia berperan untuk pencarian energi alternatif seperti biogas dari tumbuhan dan sel surya. Selain itu, ilmu kimia berperan untuk monitoring udara dan laut yang tujuannya untuk mempelajari dampak perubahan komposisinya terhadap lingkungan.

  • Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup. Ilmu kimia berkolaborasi dengan ilmu terapan lainnya dalam pengembangan bioktenologi terutama dalam proses fermentasi, teknologi pangan, rekayasa genetika, kultur sel, dan kultur jaringan.

  • Bahan pangan dan pertanian

Pangan merupakan kesatuan primer manusia yang diperoleh dari industri pertanian. Untuk mengimbangi terjadinya pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, produksi bahan pangan harus dioptimalkan. Oleh karena itu, ahli kimia menciptakan pupuk sintesis yang tujuannya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak lingkungan. Selain itu, ahli kimia juga menciptakan pestisida supaya tidak dirusak oleh hama tanaman.

Maka, peran ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa karakteristik bahan kimia berikut! Mudah menguap dan terbakar jika dekat dengan api Sebagai pelarut Sebagai pensteril tempat kerja Bahan kimia yang memiliki karakteristik te...

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia memiliki beberapa peran bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah penggunaan senyawa alkohol, alkohol adalah senyawa yang mudah menguap dan terbakar jika dekat dengan api. Alkohol dapat digunakan sebagai pelarut dan pensteril tempat kerja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Ilmu kimia juga digunakan dalam berbagai bidang, misalnya: Dalam bidang kedokteran untuk mendiagnosa penyakit Dalam bidang pertanian untuk menciptakan bibit tanaman baru dan unggul Dalam bidang i...

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia memiliki hakikat sebagai ilmu yang mempelajari susunan, struktur, sifat, serta perubahan materi. Manfaat kimia dalam kehidupan sehari-hari dapat dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pertanian, industri, pertambangan dan lain-lain.

  1. Pertanian, dengan menggunakan ilmu kimia dapat mempelajari struktur, susunan dan sifat-sifat tanah, sehingga kita bisa memanfaatkan tanah secara maksimal, memelihara kesuburannya.
  2. Industri, dengan menggunakan ilmu kimia dapat mempelajari pengubahan suatu materi menjadi materi lain, misalnya mengubah minyak kelapa menjadispacesabun.
  3. Kedokteran, dengan menggunakan ilmu kimia dapat membantu menemukan cara interaksi obat terhadap penyakit yang diderita pasien.
  4. Hukum, dengan menggunakan ilmu kimia dapat memeriksa barang bukti kriminalitas (kriminologi).

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

llmu kimia sering disebut sebagai pusat ilmu pengetahuan alam (central science) karena berperan sangat penting untuk ilmu-ilmu lainnya. Tentukan apakah proses-proses berikut terkait dengan ilmu kimia....

Pembahasan Soal:

Identifikasi rambut untuk pengenalan pelaku kejahatan dapat menggunakan tes DNA. Tes DNA dalam ilmu kedokteran digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Salah satu tahapan tes DNA adalah reaksi rantai polimerase yaitu memasukkan sampel DNA yang telah dimurnikan kedalam mesin sebagai tahapan amplifikasi. Hasil akhir dari tahap amplifikasi ini adalah berupa kopi urutan DNA lengkap dari DNA sampel. Selanjutnya kopi urutan DNA ini akan dikarakterisasi dengan elektroforesis untuk melihat pola pitanya. Karena urutan DNA setiap orang berbeda maka jumlah dan lokasi pita DNA (pola elektroforesis) setiap individu juga berbeda. Pola pita inilah yang disebut DNA sidik jari (DNA finger print) yang akan dianalisa pola Short Tandem Repeats-nya. Dari pengenalan sidik jari ini lah pelaku kejahatan dapat diidentifikasi.

Jadi, identifikasi rambut untuk pengenalan pelaku kejahatan berkaitan dengan ilmu kimia.

0

Roboguru

Tuliskan beberapa peran ilmu kimia dalam meningkatkan kesejahte­raan manusia!

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang membahas tentang struktur, sifat dan perubahan materi.

Beberapa peran ilmu kimia diantaranya :

  1. Ilmu kimia di dalam bidang pertanian dimanfaatkan untuk membuat pupuk guna meningkatkan kesuburan tanah dan memberi nutrisi yang diperlukan tanaman. Hal ini dilakukan agar para petani bisa memanen tanaman mereka dengan lebih baik.
  2. Ilmu kimia juga bisa dimanfaatkan dalam bidang industri, salah satunya dalam industri pangan. Ilmu kimia menjadi alat bantu meningkatkan mutu dan persediaan pangan dan penggunaan. Disamping itu, bisa dimanfaatkan untuk membuat mesin-mesin besar yang membutuhkan logam baik.
  3. Dalam bidang hukum, untuk membuktikan tindak kejahatan seseorang maka dibutuhkan pemeriksaan DNA. Pasalnya, struktur DNA setiap individu akan berbeda sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang.
  4. Dalam kehidupan sehari-hari tidak jauh dari kimia seperti sabun yang digunakan untuk mandi, detergen yang digunakan untuk mencuci, atau garam dapur yang digunakan untuk memasak itu semua adalah bahan-bahan kimia.

Jadi, jawabannya adalah pupuk dapat meningkatkan kesuburan tanah, pengolahan makanan dan minuman dalam industri pangan, pemeriksaan DNA di bidang hukum dan penggunaan bahan kimia seperti garam dapur, sabun serta detergen dalam kehidupan sehari-hari. space 

0

Roboguru

Jelaskan peran kimia dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan teknologi!

Pembahasan Soal:

Ilmu kimia merupakan ilmu yang sangat berperan penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Beberapa peran ilmu kimia dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan IPTEK adalah sebagai berikut:

  1. Bidang pertanian: pada pertanian ilmu kimia sangat berperan penting untuk dapat meningkatkan kesuburan tanah, pupuk, dan nutrisi.
  2. Bidang kedokteran: berperan penting dalam menciptakan obat yang sesuai dengan jenis penyakit, sampai dengan tujuan diagnose, maupun mendapatkan solusi dari penyembuhan suatu penyakit.
  3. Bidang mesin: memperlajari karakteristik logam-logam yang digunakan untuk mesin-mesin.
  4. Bidang industri: hampir seluruh bidang industri memerlukan ilmu kimia terutama industri petrokimia.space 

Jadi, ilmu kimia banyak berperan dalam bidang IPTEK seperti di atas.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved