Roboguru

Apakah kayu tergolong senyawa karbon? Bagaimana cara Anda membuktikannya?

Pertanyaan

Apakah kayu tergolong senyawa karbon? Bagaimana cara Anda membuktikannya?space 

Pembahasan Soal:

Ya. Ketika kayu dibakar pada suhu yang cukup tinggi. Kayu akan menjadi gosong. Hal itu terjadi karena pembakaran menyebabkan kayu tersebut terurai menjadi karbon yang berwarna hitam.space 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Budi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan masing-masing lima contoh senyawa anorganik yang mengandung karbon dan senyawa organik yang mengandung karbon !

Pembahasan Soal:

Senyawa karbon adalah senyawa yang tersusun dari unsur – unsur organik misalnya unsur C, H, O, N dan lainnya. Tetapi unsur utama yang harus ada pada senyawa karbon adalah unsur C (karbon) itu sendiri. Senyawa karbon dibagi menjadi dua yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik.

Senyawa organik adalah senyawa yang berasal dari makhluk hidup. Contoh : etanol (C2H5OH), formalin (HCHO), asam cuka (CH3COOH), glukosa (C6H12O6), dan protein. Sedangkan senyawa anorganik adalah senyawa yang tidak berasal dari makhluk hidup tetapi berada di alam sekitar kita, umumnya dapat berasal dari sumber daya alam mineral atau benda tak hidup. Contoh : kabon dioksida (CO2), karbon disulfida (CS2), kalsium karbonat (CaCO3), kalsium karbida (CaC2) dan natrium bikarbonat (NaHCO3). 

Maka, lima contoh senyawa anorganik yang mengandung karbon dan senyawa organik yang mengandung karbon sesuai penjelasan di atas

1

Roboguru

Bagaimana cara membuktikan bahwa senyawa hidrokarbon mengandung unsur hidrogen dan oksigen? Tuliskan reaksi yang terjadi!

Pembahasan Soal:

Unsur hidrogen dan oksigen dalam senyawa hidrokarbon dapat diketahui dengan cara memanaskan gula pasir dalam wadah tertutup sehingga dihasilkan titik-titik zat cair yang mengembun di dalam wadah. Zat cair tersebut kemudian diuji dengan kertas kobalt(II). Apabila warna kertas kobalt(II) berubah warna dari biru menjadi merah muda maka zat cair tersebut adalah air (undefined). 

Dihasilkannya air dapat menjadi tanda bahwa senyawa yang dipanaskan/diuji tersebut merupakan senyawa yang mengandung unsur oksigen dan hidrogen.

Pemanasan hidrokarbon akan menghasilkan gas karbon dioksida (begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style) dan uap air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style)

Reaksi yang terjadi antara uap air dengan kertas kobalt(II)

begin mathsize 14px style Co open square brackets Co Cl subscript 4 close square brackets plus 12 H subscript 2 O equilibrium 2 Co open parentheses H subscript 2 O close parentheses subscript 6 to the power of 2 plus end exponent plus 4 Cl to the power of minus sign space space space space biru space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space merah space muda end style  
 

Jadi, cara membuktikan senyawa hidrokarbon mengandung hidrogen dan oksigen adalah dengan menguji embun hasil pemanasan hidrokarbon menggunakan kertas kobalt (II). 

0

Roboguru

Senyawa organik memiliki sifat-sifat seperti di bawah ini, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Senyawa organik merupakan senyawa yang berasal dari mahluk hidup. Oleh karena itu, tidak ditemukan di alam dalam bentuk mineral bukan sifat dari senyawa organik, melainkan ciri senyawa anorganik.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space
 

0

Roboguru

Cermati sifat-sifat senyawa organik dan anorganik berikut! Di alam ditemukan sebagai garam mineral. Sukar larut dalam air. Zat hasil pembakaran mengubah warna kertas kobalt menjadi merah muda. T...

Pembahasan Soal:

Analisis pernyataan:

  1. Di alam ditemukan sebagai garam mineral merupakan sifat senyawa anorganik.
  2. Sukar larut dalam air merupakan sifat senyawa organik.
  3. Zat hasil pembakaran mengubah warna kertas kobalt menjadi merah merupakan sifat senyawa organik.
  4. Titik didih dan titik lebur tinggi merupakan sifat senyawa organik.
  5. Stabil terhadap pemanasan merupakan sifat senyawa anorganik.

Jadi, sifat senyawa organik ditunjukkan oleh angka 2 dan 3.

0

Roboguru

Jelaskan peristiwa yang menunjukkan bahwa dalam gula mengandung unsur hidrogen dan oksigen !

Pembahasan Soal:

Contoh peristiwa yang dekat dengan kita, pada saat berolahraga. Tubuh akan membakar gula dalam darah sehingga, menghasilkan energi yang digunakan untuk menggerakkan otot, gas karbon dioksida yang dikeluarkan lewat hidung dan uap air yang dikeluarkan melalui keringat. Air sendiri terdiri dari atom hidrogen dan oksigen, sedangkan karbon dioksida terdiri dari atom karbon dan oksigen.

begin mathsize 14px style CO subscript 2 left parenthesis g right parenthesis end subscript space rightwards arrow straight C subscript left parenthesis s right parenthesis space space end subscript plus straight O subscript 2 left parenthesis g right parenthesis end subscript end style  

begin mathsize 14px style straight H subscript 2 straight O subscript left parenthesis g right parenthesis end subscript space rightwards arrow straight H subscript 2 left parenthesis g right parenthesis end subscript plus 1 half space straight O subscript 2 left parenthesis g right parenthesis end subscript end style    

Oleh karena itu dapat disimpulkan, gula terdiri dari atom karbon, hidrogen dan oksigen.

 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved