Roboguru

Apakah kaitan teknologi komputer dengan bioteknologi?

Pertanyaan

Apakah kaitan teknologi komputer dengan bioteknologi? 

Pembahasan Soal:

Perkembangan teknologi biologi berkembang sangat pesat. Komputer menjadi bagian yang bermanfaat bagi penyimpanan dan pengorganisasian data untuk suatu proses bioteknologi, bahkan tidak terelakan, untuk memahami dan mengendalikan berbagai proses fermentasi. Penerapan komputer lebih lanjut dalam bioteknologi biasanya mencakup analisis asam nukleat dan protein, pembuatan peta restriksi, simulasi proses molekuler, dan perencanaan percobaan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan ilmu-ilmu yang berperan dalam pengembangan bioteknologi !

Pembahasan Soal:

Ilmu-ilmu yang mendukung bioteknologi antara lain biokimia, biologi molekuler, genetika dan ilmu pendukung lainnya seperti enzimologi, ilmu pangan, rekayasa teknologi pangan, dan rekayasa biokimia. Hasil dari bioteknologi dapat berupa makhluk hidup lain, produk dan jasa. Guna berkembangnya bioteknologi untuk membawa manfaat bagi masyarakat maka peran cabang ilmu lainnya sangat diperlukan.

0

Roboguru

Apa alasan digunakannya mikroorganisme seperti bakteri atau jamur dalam proses bioteknologi?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme atau bagian-bagian organisme untuk menghasilkan barang dan jasa. Organisme yang digunakan dalam bioteknologi biasanya berukuran kecil disebut mikroorganisme.

Mikroorganisme ada yang hanya terdiri dari sel tunggal (uniseluer) maupun bersel banyak (multiseluler). Mikroorganisme yang sering digunakan dalam proses bioteknologi contohnya seperti bakteri dan jamur. Setiap sel mikroorganisme memiliki kemampuan untuk mengalami pertumbuhan, memperbanyak diri, dan menghasilkan energi. Mikroorganisme memiliki beberapa sifat yang menguntungkan dalam proses bioteknologi seperti kemampuan metabolismenya yang tinggi, dapat berkembang sangat cepat, dapat tumbuh di berbagai media, dapat tumbuh dan berkembang tanpa terpengaruh cuaca dan iklim, pertumbuhannya mudah dikontrol, dan sifat genetisnya mudah dimodifikasi.

Banyaknya sifat menguntungkan tersebut yang menjadi alasan mikroorganisme seperti bakteri atau jamur sering digunakan dalam proses bioteknologi.space 

0

Roboguru

Berikut yang bukan merupakan alasan pemanfaatan makhluk hidup dalam bioteknologi adalah. . . . .

Pembahasan Soal:

Beberapa makhluk hidup, terutama mikroorganisme, banyak dimanfaatkan dalam bioteknologi sebab dapat berkembang biak dengan mudah, tersedia di alam, dapat dimodifikasi sifatnya, sifat dapat diturunkan ke generasi berikutnya dan dapat menghasilkan produk. Dengan demikian, yang tidak termasuk alasan pemanfaatan makhluk hidup dalam bioteknologi adalah pilihan jawaban C.

0

Roboguru

Perkembangan bioteknologi modern diawali dengan adanya penemuan berupa ....

Pembahasan Soal:

Bioteknologi modern merupakan sebuah metode bioteknologi yang menggunakan prinsip rekombinan DNA dan sel fusion. Perkembangan bioteknologi modern diawali pada tahun 1953, penemuan struktur Asam Deoksiribo Nukleat (ADN) oleh Crick dan Watson. Kemudian, tahun 1970 Nathan dan Smith menemukan enzim yang dapat memotong molekul DNA secara spesifik yaitu enzim Endonuklease Restriksi. Penemuan enzim DNA ligase (enzim untuk menyambung potongan DNA). Paul Berg berhasil menyambung molekul DNA sehingga dihasilkan DNA rekombinan yang pertama kali (Nobel) Teknologi DNA rekombinan (Rekayasa Genetik) ini merupakan tulang punggung teknologi Modern.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ….

Pembahasan Soal:

Bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern memiliki beberapa perbedaan yang meliputi beberapa aspek seperti berikut ini : 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved