Roboguru

Apakah dasar penggolongan yang dilakukan oleh Döbereiner? Carilah contoh pasangan unsur-unsur yang memenuhi penggolongan Döbereiner tersebut.

Pertanyaan

Apakah dasar penggolongan yang dilakukan oleh Döbereiner? Carilah contoh pasangan unsur-unsur yang memenuhi penggolongan Döbereiner tersebut.

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1829, Johan Wolfgang Dobereiner menemukan adanya kemiripan sifat antara beberapa unsur. Melalui penemuannya ini lalu unsur dikelompokkan menurut kemiripan sifat yang ada. Hasil penggolongan Johan Wolfgang Dobereiner membagi ke dalam tiga unsur, sehingga dikenal sebagai Triade.

Jika unsur-unsur yang letaknya dalam satu triade disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, maka kita dapat melihat bahwa massa atom dan sifat-sifat unsur yang kedua adalah rata-rata dari massa atom unsur pertama dan ketiga.

Misalnya yang kita gunakan adalah Cl, Br, dan I.


ArBr=(ArCl+ArI)/2ArBr=(35,5+127)/2=81,25  


Contoh pasangan unsur-unsur yang memenuhi penggolongan Döbereiner:


 


Jadi, dasar dari peggolongan yang dilakukan Döbereiner adalah kenaikan massa atomnya dalam satu triade, dimana massa atom kedua merupana rata-rata jumlah atom pertama dan ketiga.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Subaryanto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem periodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik unsur modern. Sebelum menggunakan sistem periodik unsur modern ada beberapa teori penyusunan pengelompokkan unsur. Jelaskan baga...

Pembahasan Soal:

Berikut ini penjelasan teori perkembangan sistem tabel periodik dari soal di atas.

  1. Hukum Triad Dobereiner merupakan sebuah hukum atau teori yang mengelompokkan tiga unsur kimia dengan kemiripan sifat tertentu. Masing-masing kelompok unsur Triad memiliki kemiripan dari segi penampilan dan reaksi elemen. Dobereiner mengemukakan bahwa massa atom relatif unsur tengah di setiap tiga rangkaian unsur mendekati rata-rata massa atom relatif dua unsur lainnya. Unsur-unsur yang berada dalam satu kelompok tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya.
  2. Hukum Oktaf adalah sistem periodik unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatif, di mana unsur-unsur urutan pertama dan kedelapan (yang berselisih satu oktaf) menunjukkan kemiripan sifat.
  3. Hukum periodik Mendeleev adalah sistem periodik yang unsur-unsurnya disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya. Sifat unsur-unsur tersebut akan berulang secara periodik. Lajur tegak disebut "golongan" sedangkan lajur mendatar disebut "periode".

Jadi, penjelasan hukum Triad Dobereiner, Oktaf, dan Mendeleev dapat dilihat seperti jawaban di atas.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa tabel periodik unsur berikut! 1)  2)  3)  4)  Urutan perkembangan tabel periodik unsur yang benar yaitu ....

Pembahasan Soal:

Dari tabel yang disajikan, tabel 1) adalah sistem periodik Oktaf Newlands; tabel 2) adalah sistem periodik Meyer;  tabel 3) adalah sistem periodik Mendeleyev; tabel 4) adalah sistem periodik Triade Dobereiner. Urutan perkembangan tabel periodik unsur yang benar yaitu 4) - 1) - 3) -2).

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined

0

Roboguru

Kelompok unsur yang membentuk triade menurut Dobereiner adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1829, Johann Dobereiner mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifat ke dalam tiga kelompok yang disebut triade. Dalam triade, sifat unsur kedua merupakan sifat antara unsur pertama dan unsur ketiga. Contohnya: suatu triade Li-Na-K terdiri dari Lithium (Li), Natrium (Na), Kalium (K) yang mempunyai kemiripan sifat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 

1

Roboguru

Pengelompokkan unsur pertama kali dilakukan oleh ...

Pembahasan Soal:

Sistem periodik unsur yang dipakai saat ini merupakan perkembangan dari beberapa upaya para ahli untuk mengelompokkan unsur-unsur. Pengelompokan yang paling sederhana ialah membagi unsur ke dalam kelompok logam dan nonlogam. Pengelompokkan unsur pertama kali dimulai pada tahun 1829, Johan Wolfgang Dobereiner mengelompokkan unsur-unsur yang sangat mirip sifatnya kedalam sebuah Triade.

Oleh karena itu, pengelompokkan unsur pertama kali dilakukan oleh Dobereiner.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Apakah dasar penyusunan sistem pengelompokan unsur Triade Dobereiner dan Sistem Oktaf Newlands?

Pembahasan Soal:

  • Hukum Triade Dobereiner

Dobereiner mengelompokkan unsur berdasarkan massa atomnya. Hukum Triade menyatakan bahwa “Setiap golongan terdiri atas tiga unsur, dan unsur yang terletak di tengah memiliki massa atom yang besarnya mendekati rerata massa atom dari unsur pertama dan ketiga”.

  • Hukum Oktaf Newlandas

John Alexander Reina Newlands mengelompokkan unsur berdasarkan kenaikan massa atomnya, yang menyatakan bahwa kemiripan sifat yang berulang setiap delapan unsur. Jadi, unsur yang kedelapan memiliki kemiripan sifat dengan unsur yang pertama, unsur kedua memiliki kemiripan sifat dengan unsur kesembilan.

Jadi, dasar penyusunan sistem pengelompokkan unsur oleh Triade Dobereiner dan Sistem Oktaf Newlands adalah berdasarkan massa atom.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved