Roboguru

Apabila unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, unsur kedelapan mempunyai kemiripan sifat dengan unsur kesatu. Pengelompokkan unsur ini dikemukakan oleh...

Pertanyaan

Apabila unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, unsur kedelapan mempunyai kemiripan sifat dengan unsur kesatu. Pengelompokkan unsur ini dikemukakan oleh...space

  1. Dobereinerspace

  2. Newlandsspace

  3. Moseleyspace

  4. Mendeleevspace

  5. Lothar Meyerspace

Pembahasan Soal:

Pengelompokkan unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya dengan pengulangan unsur seperti pada tangga nada dikemukakan oleh Newlands. Hukum tersebut disebut dengan Hukum Oktaf. Newlands memelopori penyusunan unsur-unsur yang sifatnya mirip pada kolom vertikal.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Yassa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sistem periodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik unsur modern. Sebelum menggunakan sistem periodik unsur modern ada beberapa teori penyusunan pengelompokkan unsur. Jelaskan baga...

Pembahasan Soal:

Berikut ini penjelasan teori perkembangan sistem tabel periodik dari soal di atas.

  1. Hukum Triad Dobereiner merupakan sebuah hukum atau teori yang mengelompokkan tiga unsur kimia dengan kemiripan sifat tertentu. Masing-masing kelompok unsur Triad memiliki kemiripan dari segi penampilan dan reaksi elemen. Dobereiner mengemukakan bahwa massa atom relatif unsur tengah di setiap tiga rangkaian unsur mendekati rata-rata massa atom relatif dua unsur lainnya. Unsur-unsur yang berada dalam satu kelompok tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya.
  2. Hukum Oktaf adalah sistem periodik unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatif, di mana unsur-unsur urutan pertama dan kedelapan (yang berselisih satu oktaf) menunjukkan kemiripan sifat.
  3. Hukum periodik Mendeleev adalah sistem periodik yang unsur-unsurnya disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya. Sifat unsur-unsur tersebut akan berulang secara periodik. Lajur tegak disebut "golongan" sedangkan lajur mendatar disebut "periode".

Jadi, penjelasan hukum Triad Dobereiner, Oktaf, dan Mendeleev dapat dilihat seperti jawaban di atas.

0

Roboguru

Kelemahan pengelompokan atom dengan hukum oktaf adalah ....

Pembahasan Soal:

Sistem periodik unsur mengalami perkembangan dari waktu ke waktu menurut penelitian para ahli, salah satunya John Newlands..John Newlands mencetuskan hukum oktaf yang menyebutkan bahwa jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, maka sifat unsur tersebut akan berulang setelah unsur ke delapan.

Kelemahan hukum oktaf Newlands adalah hukum ini hanya berlaku untuk unsur-unsur ringan karena jika dilanjutkan, kemiripan sifat terlalu dipaksakan.

Jadi, kelemahan pengelompokan atom dengan hukum oktaf adalah hukum oktaf hanya berlaku pada unsur-unsur dengan nomor massa kecil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Tuliskan dasar pengelompokan unsur yang dilakukan oleh ilmuwan berikut. Newlands

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1864, seorang ahli kimia dari lnggris bernama A. R. Newlands mengumumkan penemuannya yang disebut hukum oktaf. Newlands menyusun unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya. Ternyata, unsur yang berselisih satu oktaf (unsur ke-1 dan ke-8, unsur ke-2 dan ke-9, dan seterusnya) menunjukkan kemiripan sifat.

Jadi, Newlands mengelompokkan unsur berdasarkan kenaikan massa atom.space 

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan sistem periodik unsur sebelum sistem periodik modern!

Pembahasan Soal:

Sejarah tabel periodik mencerminkan perkembangan pemahaman sifat-sifat kimia selama lebih dari satu abad. Pengelompokan unsur senantiasa mengalami perkembangan untuk menyempurnakan kekurangannya. Perkembangan penyusunan tabel periodik sebelum sistem periodik modern adalah sebagai berikut:

1. Tabel periodik Lavoisier
Lavoisier mengelompokkan 33 unsur kimia berdasarkan sifat fisiknya, yaitu: gas, non logam, logam, dan tanah.

2. Triade Dobereiner
Dobereiner mengelompokkan 3 unsur kimia dengan sifat yang sama dilihat dari kenaikan berat atomnya.

3. Oktaf Newlands
Newlands mengelompokkan unsur-unsur kimia berdasarkan kenaikan berat atom, dimana sifat-sifatnya berulang tiap kelipatan 8

4. Sistem periodik Mendeleyev
Mendeleyev mengelompokkan unsur-unsur kimia berdasarkan massa atomnya.

5. Lothar Meyer
Meyer menempatkan unsur dengan valensi yang sama dalam satu kolom.

Oleh karena itu, perkembangan SPU sebelum sistem periodik modern yaitu terdiri dari sistem periodik Laviosier, Dobreiner, Newlands, Mendeleyev, dan Lothar Meyer.

Jadi, sejarah singkat perkembangan SPU yang benar sesuai penjelasan diatas. space 

1

Roboguru

Pengelompokan unsur berdasarkan kenaikan massa atom maka unsur kedelapan sifatnya mirip dengan unsur kesatu, unsur kedua mirip dengan unsur kesembilan, dikemukakan oleh....

Pembahasan Soal:

Di dalam perkembangan sistem periodik unsur, terdapat beberapa ilmuwan yang mengemukakan teori pengelompokan unsur (sistem periodik unsur). Salah satu ilmuwan tersebut adalah Newlands, yang dikenal dengan teori pengelompokkan unsur oktaf, dimana unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom relatif. Menurut hasil penelitian Newlands, unsur kedelapan sifatnya mirip dengan unsur pertama, unsur kesembilan mirip dengan unsur kedua, dan seterusnya. Keunikan sifat yang seperti itulah yang kemudian disebut dengan hukum oktaf. Dengan demikian, jawaban dari soal di atas adalah Newlands.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved