Roboguru

Apabila proporsi pertumbuhan barang impor terhadap pertambahan pendapatan riil (MPC) lebih besar daripada proporsi impor total terhadap pendapatan riil total (APC) maka pertumbuhan ekonomi seperti ini diklasifikasikan sebagai....

Pertanyaan

Apabila proporsi pertumbuhan barang impor terhadap pertambahan pendapatan riil (MPC) lebih besar daripada proporsi impor total terhadap pendapatan riil total (APC) maka pertumbuhan ekonomi seperti ini diklasifikasikan sebagai....space space 

  1. bias pro perdaganganspace space 

  2. netralspace space 

  3. bias anti perdaganganspace space 

  4. bias ultra anti perdaganganspace space 

Pembahasan Soal:

Ketika proporsi pertumbuhan barang impor terhadap pertambahan pendapatan riil (MPC) lebih besar daripada proporsi impor total terhadap pendapatan riil total (APC) maka pertumbuhan ekonomi diklasifikasikan sebagai bias pro perdagangan. Bias pro perdagangan terjadi ketika suatu negara ingin memperluas pasokan input di industri paling kuat dalam negara tersebut melalui ekspansi impor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan pergeseran Production Possibility Curve, yakni peningkatan ....

Pembahasan Soal:

Kurva kemungkinan produksi (PPF), production–possibility curve, production-possibility boundary atau product transformation curve) adalah grafik yang menunjukkan kemungkinan produksi dua komoditas yang dihasilkan dengan menggunakan [faktor produksi] yang sama dan tetap. Dalam kurva ini, konsep biaya peluang dan diminishing return dapat diterapkan. Misalnya, di gambar di sebelah kanan, untuk memproduksi 10 mentega (butter) lagi (dari A ke B), hanya 5 senapan (gun) yang menjadi biaya peluang. 

Roboguru

Dalam kurva kemungkinan produksi atau PPF, jika terbatasnya faktor produksi 2 komoditas makanan dan pakaian, maka pilihan alternatif adalah memproduksi makanan maksimum (0,15) dan pakaian (5,0) atau m...

Pembahasan Soal:

Kurva kemungkinan produksi mewakili jumlah maksimum kombinasi output yang dapat kita hasilkan dengan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada.

Jika kurva PPF menggambarkan pilihan alternatif untuk memproduksi makanan maksimum (0,15) dan pakaian (5,0) atau memproduksi makanan nol unit dan pakaian maksimum 5 unit, maka terjadi biaya peluang (oppurtunity cost).  

Hal ini terjadi karena kurva mewakili pengorbanan antara memproduksi makanan atau pakaian. Jika perusahaan mengalihkan lebih banyak sumber daya untuk menghasilkan produk pakaian, itu mengurangi produksi produk makanan, begitupun sebaliknya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C. space 

Roboguru

Perhatikan kurva PPF berikut ini!     Dalam kurva kemungkinan produksi atau PPF, jika terbatasnya faktor produksi 2 komoditas makanan dan pakaian, maka pilihan alternatif adalah memproduksi makanan...

Pembahasan Soal:

 

Kurva PPF di atas memperlihatkan jumlah produksi maksimum bisa dicapai oleh sebuah perekonomian. Selain itu, Kurva tersebut juga menggambarkan daftar pilihan yang tersedia bagi masyarakat untuk memproduksi barang atau jasa pada jumlah sumber daya dan tingkat teknologi tertentu atau kurva biaya peluang (opportunity cost) karena memperlihatkan bagaimana suatu jenis barang tertentu dapat dialihkan pada barang lain, dengan memindahkan sumber daya dari produksi barang tersebut ke produksi barang lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Roboguru

Pertumbuhan ekonomi suatu negara diklasifikasikan sebagai bias ultra pro perdagangan apabila....

Pembahasan Soal:

Bias ultra pro perdagangan terjadi jika kenaikan absolut dalam konsumsi impor lebih  besar dari kenaikan absolut pendapatan nasional atau dapat dirumuskan sebagai berikut: MSI < D, Ey < D. Dimana MSI adalah hasrat akan barang impor , D adalah permintaan dan Ey adalah elastisitas pendapatan akan barang impor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Roboguru

Menurut klasik, pada negara besar jika terjadi pertumbuhan ekonomi yang menyebabkan TOT = DTD, maka berarti pertumbuhan ekonomi tersebut....

Pembahasan Soal:

Apabila dasar tukar dalam negeri sama dengan dasar tukar internasional maka pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh positif dikarenakan terjadi keseimbangan antara harga ekspor dan impornya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved