Roboguru

Apa yang menjadi ukuran yang dominan sebagai dasar...

Apa yang menjadi ukuran yang dominan sebagai dasar pembentukan stratifikasi sosial?  undefined

  1. ...  undefined

  2. ...  undefined

Jawaban:

Dasar stratifikasi dalam masyarakat disebabkan adanya sesuatu yang lebih dihargai, misalnya kekayaan, pendidikan, keturunan, dan kekuasaan. Ukuran yang dipakai untuk menggolongkan seseorang pada lapisan tertentu adalah ukuran kumulatif. Misalnya: orang kaya biasanya lebih mudah memiliki kekuasaan, pendidikan, maupun kehormatan.

  1. Kekayaan. Semakin besar pendapatan seseorang, semakin besar pula kesempatannya untuk menduduki strata atas. Kelompok masyarakat ini sering disebut sebagai konglomerat.
  2. Kekuasaan. Kekuasaan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menentukan kehendaknya terhadap orang lain. Kekuasaan didukung oleh unsur lain, seperti keududkan atau posisi dalam masyarakat, kekayaan, dan kepandaian.
  3. Keturunan. Dalam masyarakat feodal, anggota masyarakat dari keluaga raja atau bangsawan menempati lapisan sosial atas.
  4. Pendidikan. Dalam masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan atau pendidikan, orang yang memiliki keahlian akan mendapatkan penghargaan lebih besar dibandingkan orang yang tidak memiliki keahlian.  undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved