Roboguru

Apa yang membuktikan bahwa kepemimpinan PBB sangat disegani anggota yang lain?

Pertanyaan

Apa yang membuktikan bahwa kepemimpinan PBB sangat disegani anggota yang lain?

Pembahasan Soal:

Perserikatan Bangsa-Bangsa disingkat sebagai PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik antar negara dan menciptakan perdamaian dunia. PBB memiliki kantor besar di Kota New York. Namun, PBB juga memiliki kantor regional di Jenewa, Wina, dan Nairobi. Bahasa resmi yang digunakan PBB adalah Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol.
PBB menjadi penengah dalam mendamaikan negara yang sedang berkonflik. PBB yang diinisiasi tiga negara sekutu terbesar di dunia, yakni Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet ini berhasil mendapatkan kepercayaan dari hampir seluruh negara di dunia baik negara maju maupun berkembang. Kedudukan PBB pada suatu negara seperti sebuah pengawas untuk menjaga kestabilan ekonomi, politik, dan perdamaian. Masuknya sebuah negara dalam PBB menandakan keterlibatan negara tersebut dalam menjaga perdamaian dunia dari ancaman baik fisik maupun ideologi. PBB yang bersifat netral ini akan membantu negara yang berkonflik secara finansial, persenjataan, dan diplomasi.
Untuk mendukung kelancaran dalam pengambil keputusan PBB memiliki hak veto. Hak veto adalah hak untuk membatalkan keputusan, ketetapan, rancangan peraturan dan undang-undang atau resolusi. Hak veto biasanya melekat pada salah satu lembaga tinggi negara atau pada dewan keamanan pada lembaga PBB. Negara yang memiliki hak veto adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia/Uni Soviet, dan China. Kelima negara tersebut diberikan hak veto karena merupakan negara besar dan maju baik secara persenjataan maupun finansial. Keputusan yang telah disepakati oleh kelima negara tersebut bersifat mutlak dan harus ditaati oleh masing-masing negara yang tergabung dalam PBB.

Dengan demikian, bukti kepemimpinan PBB sangat disegani para anggota adalah dengan masuknya negara-negara besar sebagai poros pembentukan PBB yang membawa misi perdamaian dunia. Selain itu, terdapat lima negara (AS, Inggris, Prancis, Rusia/ US, dan China) yang diberikan hak veto yakni hak untuk membatalkan, menetapkan, dan merancang peraturan dan UU/ resolusi PBB yang harus ditaati oleh masing-masing negara anggota PBB.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Nikmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya bangsa Indonesia untuk sederajat dengan bangsa lain adalah ...

Pembahasan Soal:

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, pemerintah Indonesia berusaha untuk melakukan upaya agar bangsa yang baru saja berdiri ini sederajat dengan yang lainnya. Berbagai upaya dilakukan, seperti:

  • mengukuhkan nilai-nilai sosial budaya, martabat bangsa, dan falsafah hidup agar sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia,
  • meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia sebagai jati diri dan pemersatu bangsa,
  • bergabung dengan berbagai organisasi dunia, seperti PBB, OPEC, APEC, ASEAN, dan lain-lain.

Jadi, upaya bangsa Indonesia untuk sederajat dengan bangsa lain adalah dengan mengukuhkan berbagai nilai-nilai kebangsaan, meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa, dan bergabung dengan berbagai organisasi dunia. space

0

Roboguru

Syarat pokok menjadi anggota PBB yang harus dipenuhi oleh negara calon anggota adalah…

Pembahasan Soal:

Untuk menjadi anggota PBB, negara calon anggota harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Bersedia menerima dan menjalankan kewajiban yang sudah diatur dalam Piagam PBB
  2. Calon negara anggota harus mendapatkan rekomendasi keanggotaan dari Dewan Tetap Keamanan PBB (China, Perancis, Russia, Inggris dan Amerika Serikat).
  3. Jika rekomendasi diterima, sidang umum dilaksanakan, dengan dihadiri negara-negara anggota PBB.
  4. Calon negara anggota dapat menjadi anggota PBB jika mendapatkan 2/3 pemilihan suara dari negara-negara anggota PBB yang menghadiri sidang.

0

Roboguru

Pada awal pembentukannya, jumlah keanggotaan PBB terdiri dari…

Pembahasan Soal:

Pada awal pembentukannya, PBB memiliki 51 negara anggota yang sebagian besarnya merupakan negara-negara Blok Sekutu dan negara netral yang tidak terlibat dalam Perang Dunia II. Namun dalam perkembangannya, keanggotaan PBB menjadi semakin banyak. Dari 51 negara pada tahun 1945, saat ini PBB memiliki 193 negara anggota.

0

Roboguru

Keanggotaan PBB dapat dibedakan menjadi dua, yaitu anggota asli dan anggota tambahan. Adapun negara-negara yang menjadi anggota asli dan menandatangani United Nations Charter adalah ….

Pembahasan Soal:

Anggota Asli PBB adalah anggota yang ikut terlibat langsung dalam menandatangani United Nations Charter. Terdapat 51 negara yang ikut dalam menandatangani piagam ini, di antara 50 negara tersebut adalah Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, Perancis dan Tiongkok.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memiliki badan-badan dunia untuk mengurus masalah-masalah yang berhubungan dengan setiap bidang kehidupan. Salah satu badan tersebut adalah Majelis Umum (General Assse...

Pembahasan Soal:

Perserikatan Bangsa-Bangsa disingkat sebagai PBB adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa.PBB saat ini terdiri dari lima organisasi utama, yaitu: Majelis Umum (dewan musyawarah utama), Dewan Keamanan (dewan yang membuat beberapa resolusi mengikat mengenai perdamaian, dan keamanan), Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) (dewan yang mendorong kerjasama dan pembangunan ekonomi sosial internasional), Sekretariat (yang berfungsi menyediakan studi, informasi, dan fasilitas yang dibutuhkan PBB), dan Mahkamah Internasional (badan yudisial utama). Majelis Umum (General Assembly) adalah majelis permusyawaratan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari semua negara anggota PBB, majelis bertemu setiap tahun di bawah pimpinan yang dipilih dari negara-negara anggota. Tugas Majelis Umum (General Assembly) diantaranya : pelaksanaan perdamaian dan keamanan internasional, kerja sama di bidang perekonomian dan masyarakat internasional, sistem perwakilan internasional, keterangan-keterangan mengenai daerah-daerah yang belum mempunyai pemerintah sendiri, urusan keuangan;penerapan keanggotaan dan penerimaan anggota, perubahan piagam, hubungan dengan alat-alat perlengkapan lain.undefined

Dengan demikian, salah satu tugas Majelis Umum PBB adalah pelaksanaan perdamaian dan keamanan internasional.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved