Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang Cornelis De Hautman

Pertanyaan

Apa yang kamu ketahui tentang Cornelis De Hautman

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Cornelis de Houtman (lahir di Gouda, Holland Selatan, Belanda, 2 April 1565 – meninggal di Aceh, 11 September 1599 pada umur 34 tahun)[1] adalah seorang penjelajah Belanda yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah bagi Belanda. Cornelis de Houtman bersama armadanya tiba pada 27 Juni 1596 di perairan Banten,[1]lalu kembali lagi pada 14 Agustus 1597 membawa 240 kantong lada, 45 ton pala, dan 30 bal bunga pala. Keberhasilannya ini membuka jalan bagi ekspedisi-ekspedisi selanjutnya yang berujung pada praktik kolonialisme di Nusantara.

Dengan demikian, Cornelis de Houtman (lahir di Gouda, Belanda, 2 April 1565 – Tewas di Aceh, 1599), adalah seorang penjelajah Belanda yang menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Nusantara dan berhasil memulai perdagangan rempah-rempah bagi Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1596, armada kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten. Pada awalnya, penduduk Banten memberikan sambutan hangat atas kedatangan Bangsa Belanda. Namun karena tabiat buruk yang ditunjukkan awak kapal, Kesultanan Banten bersama orang-orang Portugal di Banten mengusir Cornelis de Houtman beserta seluruh awak kapalnya.


Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kedatangan Belanda di Indonesia pada tahun 1596 dipimpin oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada April 1595 Belanda memulai pelayarannya menuju Nusantara dengan empat buah kapal di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan De Keyzer. Pelayaran menuju timur menempuh rute Belanda–Pantai Barat Afrika–Tanjung Harapan–Samudra Hindia–Selat Sunda–Banten. Pada saat itu Banten dibawah pemerintahan Maulana Muhammad (1580-1605). Pelayaran bangsa Belanda ke Indonesia selalu menjauhi jalur pelayaran Portugis. Pelayaran de Houtman memasuki wilayah Nusantara melalui Selat Sunda Pada bulan Juni 1596 Belanda berhasil mendarat di Banten.
Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Cornelis de Houtman merupakan seorang penjelajah samudra yang berasal dari Belanda. Cornelis de Houtman ditugaskan untuk mencari rempah-rempah langsung ke sumbernya yaitu Nusantara. Cornelis de Houtma...

Pembahasan Soal:

Cornelis de Houtman adalah seorang pelaut Belanda yang mempelopori pelayaran samudra hingga pada tahun 1592, Houtman mencari informasi di Lisbon, Portugal mengenai letak kepulauan rempah-rempah. Pada akhirnya dia berhasil mendapatkan informasi jika Banten adalah tempat yang tepat untuk membeli rempah-rempah. Pada bulan April 1595, Cornelis de Houtman kemudian memulai ekspedisi pelayaran ke Indonesia. Houtman menempuh rute pelayaran dari Belanda - Pantai Barat Afrika - Tanjung Harapan - Samudra Hindia - Selat Sunda – hingga akhirnya tiba di Banten pada bulan Juni 1596.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Berikut pelaut-pelaut Belanda yang mengadakan penjelajahan samudra, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Belanda merupakan salah satu negara Eropa yang juga melakukan penjelajahan samudera. Beberapa pelaut Belanda yang melakukan penjelajahan samudera, antara lain: Cornelis De Houtman dan Pieter Dirskzoon Keyser berlayar ke wilayah Banten tahun 1596, Jacob van Neck berlayar ke wilayah Banten pada tahun 1598, Abel Tasman berlayar ke wilayah New Zealand dan Pulau Tasmania pada tahun 1643 dan Barentz berlayar hingga ke Kutub Utara pada tahun 1594. Sedangkan Thomas Cavendish adalah pelaut yang berasal dari Inggris dan berlayar ke wilayah Samudera Pasifik pada tahun 1586 - 1588.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah E.

0

Roboguru

Pemimpin ekspedisi Belanda pertama yang berhasil mendarat di Pelabuhan Banten adalah

Pembahasan Soal:

Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong. Belanda datang lagi ke Indonesia dipimpin Jacob van Heck pada tahun 1598.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved