Roboguru

Apa yang diperlukan untuk memperkuat sikap kita dalam menghadapi pengaruh dan implikasi globalisasi? ...

Pertanyaan

Apa yang diperlukan untuk memperkuat sikap kita dalam menghadapi pengaruh dan implikasi globalisasi? ...space 

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Ada berbagai sikap yang perlu kita adopsi dalam menghadapi pengaruh dan impikasi globalisasi, di antaranya;

 

  1. Melakukan penyaringan budaya, berarti mengadopsi budaya luar yang sesuai dengan identitas nasional kita.
  2. Menjaga kebudayaa nasional, berarti kita harus tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional, agar identitas kebangsaan kita tetap terjaga.
  3. Tidak mengkonsumsi kebudayaan yang tidak sesuai dengan kebudayaan atau identitas nasional kita.

Dengan melihat kesimpulan tersebut, terdapat berbagai sikap yang perlu kita adopsi untuk menghadapi globalisasi budaya. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa apa yang menandai terjadinya globalisasi? ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah  adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Peristiwa globalisasi ditandai dengan adanya revolusi industri di Inggris pada tahun 1750-1860. Revolusi tersebut didorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonologi. Penemuan yang paling berarga di masa itu adalah penemuan mesin uap, yang menjadikan negara bisa memproduksi suatu barang dengan mesin, dengan lebih efektif, dan denga proses yang sangat cepat.

Dengan penjelasan tersebut dapat disimpulkan, bahwa revolusi industri menjadikan masyarakat berkembang dan terus berinovasi.space 

0

Roboguru

Respon masyarakat Indonesia terhadap globalisasi cenderung ….

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan perkembangan masyarakat di dunia tanpa ada batas sehingga tercipta penyatuan masyarakat yang saling tergantung antara satu dan yang lain. Era Globalisasi memang menyatukan semua budaya di dunia, tetapi tetap saja tidak boleh menghilangkan jati diri bangsa kita sendiri. Kita harus mampu mempertahankan walau saat ini banyak anak muda yang telah meniru budaya-budaya barat mulai dari pakaian, pemikiran dan lain-lain. Mereka terlalu berfikir bebas sehingga tidak mempedulikan lagi nilai-nilai yang sudah ada, nilai yang awal mereka patuhi. Selain itu nilai-nilai agama saat ini telah melemah, karena Globalisasi memiliki sifat sekularistik, materialistik dan liberal. Globalisasi memberikan sebuah persepsi yang salah bahwa harus menjunjung tinggi kebebasan. Kebebasan ini yang banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia bahwa globalisasi di Indonesia mencakup seluruh aspek kehidupan sehingga masyarakat  mengikuti/menerima globalisasi secara menyeluruh agar tidak tertinggal informasi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Permasalahan lingkungan akibat globalisasi dapat muncul karena perilaku manusia itu sendiri. Jelaskan pernyataan tersebut disertai contoh!

Pembahasan Soal:

Permasalahan akan muncul ketika manusia tidak mampu mengontrol aktivitasnya dan tidak mau bersikap bijak dalam memanfaatkan sumber daya. Banyak perusahaan yang tidak memperhatikan dampak dari eksploitasi sumber daya. Selain itu, persangan dalam industrialisasi menyebabkan eksodus besar-besaran ke negara yang memiliki hasil alam melimpah untuk di eksploitasi. Eksploitasi sumber daya alam dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Dalam proses pengolahan pun tidak terlepas dari kerusakan lingkungan. Banyak perusahaan industri yang tidak memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). limbah dibuang sembarangan sehingga dapat mencemari lingkungan. Permasalahan lingkungan juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dunia, yaitu pemanasan global. Banyaknya lahan hutan atau pertanian yang dirubah menjadi kawasan industri menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Kemudian, kebiasaan masyarakat yang terlalu banyak menggunakan sampah plastik. Sampah jenis plastik ini sulit terurai dengan tanah, sampah tersebut baru bisa terurai dalam waktu ratusan tahun. Hal ini jika terus dibiarkan akan berdampak serius dan tumbuh permasalahan-permasalahan baru.

0

Roboguru

Respons masyarakat terhadap globalisasi, ada yang menerima, namun ada juga kalangan masyarakat yang menolak. Bagi masyarakat yang menerima, globalisasi akan menumbuhkan ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah dampak positif bagi masyarakat yang menerima globalisasi.

Masyarakat yang mau menerima globalisasi secara positif dapat menciptakan inovasi baru dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat dalam menanggapi globalisasi secara positif sehingga akan terjadi transfer hal baru misalnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Aspek IPTEK ini sangat membantu dalam menciptakan inovasi sehingga kebutuhan dapat tercukupi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kapan·proses globalisasi dimulai? ...

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah  adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain. Proses globalisasi bermulai pada tahun 1.000 M dan 1.500. di tahun itu, manusia mulai perdagangan antar negara. Misal, pedang dari Tiongkok dan India mulai menelusuri negara lain dengan menggunakan jalan darat, sampai jalan laut untuk mulai berdagang di negara lain.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah pada tahun 1.000 M dan 1.500 M.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved