Roboguru

Apa yang dimaksud pilihan tindakan penanggulangan bencana? Tuliskan pilihan tindakan tersebut dan jelaskan secara singkat

Pertanyaan

Apa yang dimaksud pilihan tindakan penanggulangan bencana? Tuliskan pilihan tindakan tersebut dan jelaskan secara singkat  

Pembahasan Soal:

Pilihan tindakan penanggulangan bencana merupakan upaya penanggulangan yang akan dilakukan berdasarkan perkiraan ancaman bahaya yang akan terjadi dan kemungkinan dampak yang ditimbulkan. Adapun pilihan tindakan penanggulangan bencana adalah meliputi aktivitas berikut ini.

  1. Pencegahan dan mitigasi, dilakukan untuk menghindari terjadinya bencana dan mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana. Misalnya kegiatan penataan ruang, penyuluhan, dan pembangunan infrastruktur.
  2. Kesiapsiagaan, dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana untuk menghindari jatuhnya korban jiwa, kerugian harta benda, dan perubahan tata kehidupan masyarakat. Misalnya dengan mengakitfkan pos-pos siaga bencana.
  3. Tanggap darurat, merupakan tahap penindakan atau pengerahan pertolongan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Misalnya melakukan evakuasi dan dengan cepat menentukan status keadaan darurat bencana.
  4. Pemulihan, melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. Mengembalikan kondisi daerah terkena bencana pada keadaan normal.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved