Roboguru

Apa yang dimaksud pengindraan jauh?

Pertanyaan

 Apa yang dimaksud pengindraan jauh? 

Pembahasan Soal:

Penginderaan jauh adalah ilmu atau seni yang digunakan untuk analisis data, mendapatkan informasi mengenai suatu objek, dengan menggunakan sebuah alat tanpa melakukan kontak langsung atau datang ke lokasi secara langsung. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. FRANATU

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suatu ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang permukaan bumi dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah atau gejala yang dikaji merup...

Pembahasan Soal:

Menurut Liliesand and Keifer (1979) dalam jurnal yang berjudul "Remote Sensing[Penginderaan Jauh]" pada tahun 2003, penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh infomasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisa data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang dikaji. Terdapat beberapa batasan yang menyebutkan penginderaan jauh merupakan ilmu, teknik, seni, dan sains multidisipin. Beberapa komponen dalam penginderaan jauh, yaitu energi, atmosfer, objek, sensor, perolehan data dan pengunaan data.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Inderaja adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek, wilayah, atau gejala dengan cara menganalisis data-data yang diperoleh dari suatu alat tanpa berhubungan langsung d...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pada soal tersebut adalah pengertian penginderaan jauh menurut Lillesand dan Keifer. Penginderaan jauh menurut Lillesand dan Keifer adalah ilmu atau teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang objek, wilayah, atau gejala dengan cara menganalisis data-data yang diperoleh dari suatu alat tanpa berhubungan langsung dengan objek, wilayah, atau gejala tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Ilmu, seni dan teknologi untuk mendeteksi budaya alami dan sosial di permukaan bumi dari jauh dengan sensor dalam bentuk sensor buatan yang disebut …

Pembahasan Soal:

Penginderaan jauh merupakan ilmu dan teknik serta seni untuk mendapatkan informasi tentang wilyah atau gejala di permukaan bumi dengan cara menganalisis data yang diperoleh dari suatu alat tanpa nerhubungan langsung dengan objek yang dikaji. Pada proses memperoleh informasinya, penginderaan jauh menggunakan sensor (alat penangkap), sensor dipasang pada suatu kendaraan/wahana seperti satelit, pesawat terbang dan balon udara.

Berdasarkan definisi tersebut, maka ilmu, seni dan teknologi untuk mendeteksi budaya alami dan sosial di permukaan bumi dari jauh dengan sensor dalam bentuk sensor buatan yang disebut penginderaan jauh.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Perhatikan beberapa manfaat pengindraan jauh berikut ini! Menganalisis sebaran hujan. Mengetahui pola angin. Menganalisis cuaca di suatu wilayah. Menentukan besarnya intensitas hujan. Mengarahk...

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan aplikasi penginderaan jauh untuk bidang meteorologi dan klimatologi memiliki acuan yang sangat luas. Output data dari inderaja sangat penting diaplikasikan untuk mengetahui keadaan lingkungan atmosfer. Manfaat pengindraan jauh di bidang meteorologi dan klimatologi sebagai berikut:

  1. Menganalisis sebaran hujan.
  2. Mengetahui pola angin.
  3. Menganalisis cuaca di suatu wilayah

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang benar adalah A. 

Roboguru

Sensor buatan dipasang dalam wahana penginderaan jauh. Di bawah ini yang bukan wahana penginderaan jauh yaitu ....

Pembahasan Soal:

Wahana merupakan salah satu komponen dalam penginderaan jauh. Wahana adalah kendaraan yang digunakan untuk membawa sensor untuk memperoleh data penginderaan jauh. Adapun wahana yang umumnya digunakan dalam penginderaan jauh adalah pesawat terbang, balon udara, drone, satelit buatan, dan gantole.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved