Roboguru

Apa yang dimaksud dengan kronologi dalam sejarah?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan kronologi dalam sejarah?

Pembahasan Soal:

Dalam penyajian suatu karya sejarah, aspek kronologi merupakan salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Kronologi merupakan pengetahuan dasar bagi sejarawan untuk menyajikan peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi kesatuan yang utuh. Adapun pengertian kronologi adalah pengetahuan mengenai urutan peristiwa yang saling berhubungan dari masa ke masa. 

Jadi, kronologi adalah pengetahuan tentang urutan peristiwa yang saling berhubungan dari masa ke masa.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kronologi kemerdekaan RI: Proklamasi oleh Soekarno Hatta Bom Hiroshima dan Nagasaki Peristiwa Rengasdengklok Jepang menyerah kepada sekutu  Urutan kronologi kemerdekaan Indonesia yang tepat ad...

Pembahasan Soal:

Konsep berpikir kronologis merupakan kemampuan berpikir secara urut, runtut, dan berkesinambungan agar dapat memberikan gambaran utuh tentang suatu kejadian. Dengan berpikir menggunakan prinsip kornologis, seseorang juga dapat mengamati hubungan sebab-akibat (kausalitas) antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya serta perubahan dari masa ke masa. Dalam peristiwa menjelang proklamasi serangan bom atom Hiroshima dan Nagasaki menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Dampak penyerahan tersebut adalah dorongan dari golongan muda kepada golongan tua agar segera memproklamasikan kemerdekaan. Hal tersebut selanjutny memunculkan Peristiwa Rengasdengklok. Dampak dari Peristiwa Rengasdengklok adalah pelaksanaan proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

Roboguru

Konsep kronologi sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuan untuk ...

Pembahasan Soal:

Sejarah yang dipahami sebagai serangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu, tentu merupakan sesuatu yang kompleks, beragama dan telah berlangsung sejak lama, artinya, peristiwa sejarah itu amat sangat banyak. Karenanya, untuk mempermudah pemahaman peristiwa sejarah itu, diperlukan penerapan berpikir kronologis, dalam arti memahami peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya, agar pemahaman terhadap peristiwa sejarah menjadi teratur, sistematis dan berkesinambungan. Untuk itulah, salah satu pentingnya kronologi dalam memahami peristiwa sejarah adalah mengurutkan berbagai peristiwa berdasarkan urutan waktunya, sekaligus juga menghindari kesalahan penempatan peristiwa, tokoh, subjek, tidak sesuai urutan waktunya.

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Roboguru

Konsep kronologis dalam sejarah diperlukan karena peristiwa sejarah terdiri atas berbagai jenis dan bentuk peristiwa. Penyusunan peristiwa sejarah tanpa konsep kronologis dapat menyebabkan ...

Pembahasan Soal:

Kronologi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani chronos yang berarti waktu dan logos berarti ilmu, jadi kronologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang waktu.
Dalam konteks pemahaman terhadap sejarah, kronologi dapat diartikan dengan upaya melihat serangkaian peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya, sehingga pemahaman terhadap peristiwa sejarah akan runtut, sistematis dan teratur, hal ini dapat dipahami dikarenakan aktivitas manusia atau peristiwa sejarah di masa lalu itu telah berlangsung lama dan meninggalkan banyak kompleksitas lain seperti misal banyaknya peristiwa sejarah yang terjadi. Sebab itu, kronologi hadir  sebagai upaya untuk melihat serangkaian peristiwa sejarah secara teratur dan sistematis. 
Selain itu, dengan menerapkan cara berpikir kronologis dalam sejarah, akan menghindarkan dari berbagai kesalahan penempatan tokoh, subjek atau suatu masa ke waktu yang tidak sesuai dengannya, istilah ini dikenal anakronik. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah D.

Roboguru

Kronologi berasal bahasa Yunani, yaitu chronos yang berarti ...

Pembahasan Soal:

Dalam memahami serangkaian peristiwa sejarah, terdapat konsep yang digunakan untuk mempermudahnya, yakni kronologi. Kronologi berasal dari bahasa Yunani chronos yang berarti waktu, dan logos yang memiliki arti ilmu. Jadi, kronologi adalah ilmu yang mempelajari waktu atau sebuah kejadian pada waktu tertentu. 
Dalam konteks penggunaanya di sejarah, kronologi digunakan untuk memahami peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu, sehingga pemahaman terhadap peristiwa sejarah akan menjadi teratur, sistematis dan berkesinambungan.

Jadi jawaban benar adalah D.

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini : Berburu dan mengumpulkan makanan Perang Bubat Perang Diponegoro Pembuatan naskah proklamasi Demontrasi mahasiswa tahun 1998 Dari pernyataan diatas, merupak...

Pembahasan Soal:

Konsep penting dalam sejarah :

  • Kronologi :  Uratan waktu dari sejumlah peristiwa. Dengan adanya kronologi kita bisa berfikir dengan urut, runtut dan berkesinambungan agar dapat memberikan gambaran utuh mengenai peristiwa tertentu. Misalnya didirikan sebuah kerajaan kemudian dijelaskan tentang perkembangan kerajaan tersebut, mulai dari   raja-raja, peristiwa penting yang terjadi, kemajuan kerajaan, kemunduran kerajaan hingga berakhirnya kerajaan.
  • Periodesasi : periodesasi (pembabakan) yaitu pengelompokan peristiwa sejarah dalam satu babak, masa, zaman atau periode tertentu berdasarkan ciri yang sama. Periodesasi bertujuan untuk membuat klasifikasi dalam sejarah sehingga memudahkan dalam memahami peristiwa secara kronologis. misalnya masa berburu dan meramu, masa bercocok tanam, masa hindu -budha dll.

Dengan demikian, berdarkan pernyataan tersebut, peristiwa sejarah diurutkan secara periodesasi.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved