Roboguru

Apa saja persiapan yang dilakukan untuk kemerdekaan Indonesia?

Pertanyaan

Apa saja persiapan yang dilakukan untuk kemerdekaan Indonesia?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Berikut ini persiapan yang dilakukan untuk kemerdekaan Indonesia:

  1. Pembentukan BPUPKI. Letnan Jenderal Kumakici Harada (pimpinan tentara Jepang di Jawa) pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Cosakai),  yang mana Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat ditunjuk sebagai ketua BPUPKI dan R.P. Suroso sebagai wakil ketua. Tujuan BPUPKI ialah untuk menyelidiki hal-hal penting yang berhubungan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia.
  2. Sidang Resmi Pertama  BPUPKI. Sidang resmi pertama berlangsung mulai tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Pada masa sidang resmi pertama ini bertujuan untuk merumuskan dan membentuk rangka dasar dari Undang-Undang Dasar, yang mana merupakan dasar dari negara Indonesia. Setelah itu kemudian dirumuskan konstitusi negara. Masa sidang pertama BPUPKI ini dikenal dengan sebutan detik-detik lahirnya Pancasila.
  3. Sidang Resmi Kedua BPUPKI. Dalam persidangan BPUPKI yang kedua (10 Juli 1945 – 16 Juli 1945) yang membahas undang-undang dasar menetapkan bahwa bentuk Negara Indonesia adalah Republik dan wilayah Indonesia yakni seluruh wilayah Kepulauan Indonesia yang semula wilayah kekuasaan hindia belanda. Sebelum sidang BPUPKI berakhir, panitia perancang undang-undang dasar melaporkan hasil dari sidang yaitu pernyataan Indonesia merdeka, pembukaan Undang-Undang Dasar, Undang-Undang Dasar itu sendiri dan batang tubuh.
  4. Pembentukan PPKI. BPUPKI dibubarkan setelah melaksanakan tugasnya. kemudian Jenderal Terauchi pada tanggal 7 Agustus 1945 menyetujui pembentukan Dokuritzu Zyumbi Inkai atau PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) sebagai pengganti BPUPKI. Tugas utama PPKI ialah mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan. Tugas utama PPKI adalah mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan dari Jepang yang meliputi menyelesaikan dan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Dasar yang dipersiapkan BPUPKI , dan merumuskan dan memutuskan pelaksanaan pernyataan kemerdekaan Indonesia bila saatnya telah tiba.  Pada tanggal 9 Agustus, Jenderal Terauchi memanggil 3 tokoh nasional, yakni: Dr. Radjiman Widyodiningrat, Drs. Mohammad Hatta dan Ir. Sukarno. mereka dipanggil ke Dalat Vietnam, untuk menerima informasi mengenai kemerdekaan Indonesia.
  5. Peristiwa Rengasdengklok. Namun setelah pertemuan Dalat (Vietnam), PPKI tidak dapat bertugas karena para pemuda mendesak agar proklamasi kemerdekaan tidak dilakukan atas nama PPKI, yang dianggap mereka merupakan alat buatan Jepang. Bahkan rencana rapat 16 Agustus 1945 tidak dapat terlaksana karena terjadi peristiwa Rengasdengklok. sehingga PPKI baru dapat bersidang sehari setelah proklamasi kemerdekaan. Peristiwa Rengasdengklok telah mengubah jalan pikiran Bung Karno dan Bung Hatta. Mereka telah menyetujui bahwa Proklamasi Kemerdekaan harus segera dikumandangkan. Kemudian diadakanlah rapat yang membahas Persiapan Proklamasi Kemerdekaan di rumah Laksamana Maeda, dipilihnya rumah Laksamana Maeda karena tempat tersebut dianggap tempat yang aman dari ancaman tindakan militer Jepang karena Maeda adalah Kepala Kantor Penghubung Angkatan Laut Jepang dan Maeda juga merupakan kawan baik Mr. Ahmad Subardjo.
  6. Perumusan dan Pembacaan Teks Proklamasi. Rumusan teks proklamasi disusun di kediaman Letnan Maeda. Hadir dalam pertemuan itu Sukarni, B.M.Diah dan Mbah Diro dari golongan muda yang menyaksikan perumusan teks proklamasi. Semula golongan muda menyodorkan teks proklamasi yang keras nadanya dan karena itu rapat tidak menyetujui. Kemudian berdasarkan pembicaraan antara Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo, diperoleh rumusan teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno. Setelah konsep selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin dan mengetik naskah tersebut menggunakan mesin ketik yang diambil dari kantor perwakilan AL Jerman, milik Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler. Pada awalnya pembacaan proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada, namun berhubung alasan keamanan dipindahkan ke kediaman Ir. Soekarno. Pelaksanaan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 (hari Jum’at) di jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta (yang sekarang menjadi jalan Proklamasi).

Dengan demikian, persiapan yang dilakukan untuk kemerdekaan Indonesia yaitu terbentuknya BPUPKI, PPKI, proses perumusan naskah proklamasi, terbentuknya badan kelengkapan negara, persiapan kemerdekaan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kapan proklamasi kemerdekaan di bacakan...

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, Pembacaan teks proklamasi sendiri dibacakan langsung oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno. 

Jadi,jawabannya adalah B.

2

Roboguru

Bagaimana susunan acara pada pembacaan teks proklamasi ...

Pembahasan Soal:

Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di halaman rumah Soekarno,  tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Sebelum teks proklamasi dibacakan, Soekarno memberikan pidato pendahuluan singkat kepada masyarakat yang hadir. Pada 17 Agustus 1945, pukul 10:00 WIB, Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Acara ini dilanjurkan dengan pengibaran Sang Merah Putih. S.Soehoed mengambil bendera dari baki yang telah disiapkan dan mengikatkannya pada tali dengan bantuan dari Shodanco Latief Hendraningrat. Kemudian Bendera Merah Putih dinaikkan secara perlahan. Hadirin yang hadir saat itu secara spontan langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah pengibaran bendera selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wali Kota Jakarta Soewirjo dan Wakil Wali Kota Jakarta Dr. Moewardi.space

Dengan demikian, susunan acara pada pembacaan teks proklamasi adalah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan, pengibaran bendera merah putih, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

1

Roboguru

Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara yang mencapai puncaknya pada ....

Pembahasan Soal:

Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan momen mempertegas bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan akan menentukan nasib sendiri. Pemuda yang telah berikar pada sumpah pemuda akan menjalankan sumpahnya dengan menghadapi tantangan yang berkembang kedepan seperti menyebarkan berita kemerdekaan dan mempertahankan tanah air. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan susunan acara dalam pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan adalah sebuah pernyataan yang dimana presiden Soekarno menyatakan bahwa Indonesia resmi merdeka. Proklamasi ini terjadi di kota Jakarta, tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No.56. Proklamasi dibacakan tepat pukul 10.00 WIB. 

Susunan acara dalam pembacaan proklamasi adalah :

  • Pembacaan Proklamasi
  • Pengibaran Bendera Merah Putih
  • Sambutan Wali Kota Jakarta

Dengan demikian, proses proklamasi ditulis selama 3 hari sejak Jepang menyerahkan diri ke Sekutu dan keluar dari Indonesia dan ditulis oleh seorang penulis bernama Sayuti Melik di rumah Laksamana Maeda di daerah Rengasdengklok. 

0

Roboguru

Berikut ini daftar peristiwa detik-detik proklamasi Berita kekalahan Jepang oleh sekutu Kaum muda mendesak Presiden Soekarno untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia Presiden Soekarno d...

Pembahasan Soal:

Berpikir secara kronologis adalah kemampuan berpikir secara urut, runtut, dan berkesinambungan agar dapat memberikan gambaran utuh tentang suatu kejadian. Konsep ini sangat penting karena sejarah selalu menekankan perlunya menyusun kejadian berdasarkan urutan waktunya. Sejarawan juga memerhatikan keterkaitan antar peristiwa yang terjadi lebih dahulu dengan yang selanjutnya.space

Dengan demikian, contoh peristiwa berdasarkan pola berpikir kronologis yang benar adalah urutan no.1-2-3-4-5.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved