Roboguru

Apa saja peranan pajak terhadap pembangunan di Indonesia?

Pertanyaan

Apa saja peranan pajak terhadap pembangunan di Indonesia? 

  1. .... undefined

  2. .... undefined

Pembahasan Soal:

Peranan pajak terhadap pembangunan di Indonesia:

  1. sumber utama pendapatan pemerintah untuk melakukan redistribusi pendapatan
  2. melakukan pembangunan infrastruktur yang lebih baik
  3. mmebiayai fasilitas pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum lain agar bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Saat ini pemerintah memberlakukan pajak 0 % bagi pembelian beberapa jenis kendaraan bermotor (mobil). Menurut Anda, apakah dampak bagi perekonomian Indonesia!

Pembahasan Soal:

Pemerintah terus berupaya mendorong agar perekonomian dapat bergerak lebih cepat lewat berbagai stimulus. Salah satu stimulus yang baru-baru ini dikeluarkan pemerintah adalah pemberian insentif diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil. Stimulus tersebut sedikit banyak dapat mendorong konsumsi yang lebih besar sehingga ekonomi bisa segera pulih. Kebijakan diskon PPnBM diharapkan dapat membalikkan kinerja industri otomotif. Tahun 2020, kinerjanya tertekan cukup nyata karena melemahnya daya beli. Dengan adanya stimulus ini, penyerapan tenaga kerja di bidang industri otomotif akan meingkat. Rangsangan itu bisa menurunkan harga kendaraan bermotor produksi dalam negeri. Jadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Lantas turut diklaim, meningkatkan daya saing terhadap kendaraan impor. Serta dapat mengerek kinerja produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.  

Roboguru

Bagaimana pelaksanaan pajak dan subsidi sebagai praktik redistribusi pendapatan di Indonesia ?

Pembahasan Soal:

Pajak sebagai redistribusi pendapatan berarti bahwa orang pribadi/badan yang berpenghasilan tinggi akan membayar lebih kepada negara untuk membantu membangun sarana dan infrastruktur yang dapat digunakan untuk semua. Dengan demikian, orang dengan pendapatan rendah akan mendapatkan manfaat secara tidak langsung dari pendapatan orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya adalah pajak untuk mebangun jalan. Orang miskin, meskipun tidak punya mobil atau kendaraan pribadi lainya, tetap akan mendapatkan manfaat dari dibangunnya jalan, karena dapat berangkat kerja dengan mudah menggunakan angkutan umum. Barang kebutuhan juga akan lebih murah bila transportasinya mudah. 

Roboguru

Untuk meningkatkan penerimaan dari sektor perpajakan dibutuhkan sikap dan disiplin masyarakat dalam membayar pajak. Mengapa masyrakat harus disiplin dalam membayar pajak?

Pembahasan Soal:

Pajak merupakan kontribusi wajib yang diberikan oleh masyarakat, baik secara pribadi maupun badan usaha pada masyarakat yang bersifat memaksa. Alasan masyarakat harus membayar pajak dengan disiplin dikarenakan beban pengawasan menjadi ringan, dan hasil dari pengumpulan pajak akan masuk kedalam kas negara untuk dikelola oleh pemerintah yang akan digunakan untuk kepentingan rakyat sehingga tujuan pembangunan nasional akan terwujud dan tercapai. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah dikarenakan beban pengawasan menjadi ringan, dan hasil dari pengumpulan pajak akan masuk kedalam kas negara untuk dikelola oleh pemerintah yang akan digunakan untuk kepentingan rakyat sehingga tujuan pembangunan nasional akan terwujud dan tercapai.undefined 

Roboguru

Pemberian layanan “kartu pintar” bagi pelajar yang sangat membantu dalam menunjang kebutuhan pelajar. Hal tersebut sesuai dengan manfaat pajak bagi masyarakat yaitu ….

Pembahasan Soal:

Pemberian layanan “kartu pintar” bagi pelajar yang sangat membantu dalam menunjang kebutuhan pelajar. Hal tersebut sesuai dengan manfaat pajak bagi masyarakat yaitu bidang pendidikan, karena salah satu distribusi pajak yaitu memberikan bantuan keuangan kepada pelajar kurang mampu melalui program kartu pintar.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin C.undefined 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Setiap wajib pajak secara bergotong royong membiayai pembangunan nasional melalui pajak yang dibayarkannya. Pernyataan tersebut menunjukkan kerjasama dalam kehidupan.....

Pembahasan Soal:

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan keuangan negara selain dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan hibah baik dalam maupun luar negeri yang digunakan untuk membiayai pembangunan. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang terbesar untuk membiayai pembangunan di Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia diwajibkan untuk membayar pajak secara bergotong royong yang otomatis ikut serta dalam pembangunan di Indonesia. Dengan adanya kerjasama masyarakat Indonesia yang bergotong royong dalam membayar pajak ini berarti rakyat Indonesia telah bekerjasama dalam membangun negeri dalam bidang perekonomian. Pajak membantu melancarkan perekonomian Indonesia, jika pajak tidak berjalan dengan baik, maka pembangunan akan terhambat dan akan berimbas pada perekonomian Indonesia. space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved