Roboguru

Apa saja faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional ?

Pertanyaan

Apa saja faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional ?  

  1. ....  

  2. ....  

Pembahasan Soal:

Faktor pendorong perdagangan Internasional beserta contohnya, sebagai berikut :

1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor pendorong perdagangan Internasional adalah letak geografis setiap negara berbeda-beda, inilah yang mempengaruhi kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) sebuah negara serta membuat negara dan lainnya akan berbeda. Padahal SDA merupakan sumber utama sebuah negara, maka setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contoh perdagangan international, Indonesia memiliki hasil bumi berlimpah seperti kopi, dan hasil bumi lainnya. Berbeda dengan Australia yang terkenal dengan penghasil hewan ternak seperti sapi. Hal tersebut menjadi alasan perdagangan internasional antara Indonesia yang membutuhkan daging dan Australia membutuhkan hasil bumi.

2. Keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

Faktor yang kedua adalah keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara. Faktor ini sangat berpengaruh pada perdagangan internasional.Dengan adanya perdagangan internasional ini, sebuah negara akan terus bertambah pendapatannya dan semakin kayalah negara tersebut jika dilakukan secara berkala.

Contohnya, setiap transaksi ekspor-impor, negara akan menerima pendapatannya berupa pajak barang. Selain itu, negara juga bisa ekspor barang hasil dari perusahaan BUMN. Hal tersebutlah yang menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional terjadi.

3. Perluasan Target Pasar

Bagi sebagian produsen sulit untuk berkembang karena takut kelebihan jumlah produksi apabila melakukan produksi dalam sekala besar. Sementara sebagian produsen lainnya, justru sengaja melakukan produksi secara besar-besaran agar barang menumpuk. Contohnya, Negara Indonesia memproduksi timah dan memasarkannya ke beberapa negara.

Namun karena pemerintah takut terjadinya kelebihan jumlah produksi, maka pihak pemerintah Indonesia melakukan kerja sama hubungan antar negara lewat perdagangan international tersebut. Hal tersebut yang menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional.

4. Kondisi Iklim Berbeda-beda

Iklim akan mempengaruhi kekayaan SDA sebuah negara, perbedaan ini membuat sebuah negara tidak bisa memproduksi semua kebutuhan mereka sendiri yang mengharuskan untuk mempersiapkan laporan perubahan modal. Oleh sebab itu, import barang merupakan solusi cepat dalam menyelesaikan masalah keterbatasan kebutuhan.

Contoh perdagangan international dengan kondisi iklim adalah Indonesia sebagai produsen tempe terbesar di dunia, sebab mayoritas masyarakatnya suka mengkonsumsi tempe. Sayangnya Indonesia mempunyai kualitas kedelai yang kurang baik dikarenakan iklim yang tidak cocok untuk kedelai. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas tempe Indonesia, mereka harus mengimpor kedelai dari negara dengan kualitas kacang kedelai yang terbaik tentunya.

5. Meningkatkan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Ketika persaingan kualitas dipasar bersaing, maka SDM (Sumber Daya Manusia) juga harus ikut ditingkatkan agar dapat bersaing untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing sehingga tidak kalah dari berbagai kompetitornya. Hal tersebut mendorong terjadinya perbedaan PO dengan PR.

Jadi upaya untuk meningkat kualitas SDM untuk menjadi lebih baik juga menjadi sebuah faktor pendorong dalam perdagangan internasional, sehingga penduduk lokal bisa berkompetisi dengan layak. Contohnya, Indonesia melakukan pengiriman para cendikiawan dan mahasiswanya ke beberapa negara untuk meningkatkan knowledge dan kualitas SDM-nya.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 15 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved