Pertanyaan

Apa saja faktor-faktor yang membedakan frekuensi pernapasan untuk setiap orang?

Apa saja faktor-faktor yang membedakan frekuensi pernapasan untuk setiap orang?space

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pada umumnya manusia mampu bernapas 15-18 kali per menit. Akan tetapi cepat atau lambatnya bernapas pada setiap orang berbeda-beda. Faktor-faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya bernapas (frekuensi pernapasan), yaitu usia, jenis kelamin, aktivitas, posisi tubuh dan suhu tubuh . Usia Bayi memiliki frekuensi pernapasan yang lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena bayi masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jenis kelamin Laki-laki biasanya memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Laki-laki memilliki massa otot yang lebih besar sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan ATP yang digunakan untuk aktivitasnya. Aktivitas Semakin berat aktivitas seseorang, maka frekuensi pernapasannya pun akan semakin meningkat. Hal tersebut bertujuan untuk memasok energi bagi aktivitasnya. Posisi tubuh Seseorang yang berada dalam posisi berdiri memilikifrekuensi pernapasanyanglebih tinggi dibandingkan jikasedang duduk atau berbaring. Hal ini disebabkan karena ketika berdiritubuh memerlukan energi yang lebih besar untuk menjaga keseimbangan. Suhu tubuh Ketika seseorang merasa kedinginan dan suhu tubuhnya menurun, otak akan mengirim sinyal agar paru-paru meningkatkan frekuensi pernapasan.

Pada umumnya manusia mampu bernapas 15-18 kali per menit. Akan tetapi cepat atau lambatnya bernapas pada setiap orang berbeda-beda. Faktor-faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya bernapas (frekuensi pernapasan), yaitu usia, jenis kelamin, aktivitas, posisi tubuh dan suhu tubuh.

  1. Usia
    Bayi memiliki frekuensi pernapasan yang lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena bayi masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mendukung tumbuh kembangnya.
  2. Jenis kelamin
    Laki-laki biasanya memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Laki-laki memilliki massa otot yang lebih besar sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan lebih banyak untuk menghasilkan ATP yang digunakan untuk aktivitasnya.
  3. Aktivitas
    Semakin berat aktivitas seseorang, maka frekuensi pernapasannya pun akan semakin meningkat. Hal tersebut bertujuan untuk memasok energi bagi aktivitasnya.
  4. Posisi tubuh
    Seseorang yang berada dalam posisi berdiri memiliki frekuensi pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan jika sedang duduk atau berbaring. Hal ini disebabkan karena ketika berdiri tubuh memerlukan energi yang lebih besar untuk menjaga keseimbangan.
  5. Suhu tubuh
    Ketika seseorang merasa kedinginan dan suhu tubuhnya menurun, otak akan mengirim sinyal agar paru-paru meningkatkan frekuensi pernapasan.space space 

167

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kecepatan pernapasan dipengaruhi oleh ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia