Roboguru

Apa perbedaan antara transformasi, transduksi, dan konjugasi?

Pertanyaan

Apa perbedaan antara transformasi, transduksi, dan konjugasi?    space space  

Pembahasan Soal:

Reproduksi pada bakteri dibagi menjadi dua yaitu dengan pembelahan biner dan reporduksi paraseksual. Pada pembelahan biner, satu bakteri langsung membelah diri menjadi dua sel bakteri. Reproduksi paraseksual merupakan reproduksi pada bakteri yang melibatkan terjadinya pertukaran materi genetik antara satu sel dengan sel pasangannya. Reproduksi paraseksual terbagi menjadi tiga yaitu transformasi, transduksi, dan konjugasi. Transformasi merupakan pemindahan potongan materi genetik atau DNA dari luar ke dalam sel bakteri penerima. Pada proses tersebut tidak terjadi kontak langsung antara bakteri pemberi DNA dengan bakteri penerima DNA. Transduksi merupakan reproduksi seksual dengan cara pemindahan DNA yang dibantu oleh virus fage sebagai perantara. Konjugasi merupakan transfer langsung materi genetik antara dua sel bakteri yang berhubungan sementara. Perpindahan materi genetik dari sel pemberi ke sel penerima terjadi melalui struktur yang disebut pili. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Yolan

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perkembangbiakan bakteri secara seksual dan aseksual!

Pembahasan Soal:

Bakteri dapat bereproduksi secara vegetatif (aseksual) maupun generatif (seksual).

  1. Bakteri melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, yaitu dari satu sel menjadi dua sel, dari dua sel menjadi empat sel, dari empat sel menjadi delapan sel, dan seterusnya. Pembelahan ini terjadi secara amitosis (secara langsung), yaitu tidak melalui tahap-tahap tertentu seperti pada pembelahan mitosis. Umumnya, bakteri mampu membelah sekitar 1-3 jam sekali. Dalam waktu singkat, jumlah sel dalam koloni akan terus berlipat ganda dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Namun, pertumbuhan koloni bakteri akan melambat pada titik tertentu, yaitu ketika kehabisan nutrisi atau terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme yang meracuni bakteri itu sendiri.
  2. Bakteri melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi genetik. Rekombinasi genetik adalah peristiwa bercampurnya sebagian materi gen (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, sehingga terbentuk DNA rekombinan. Dalam rekombinasi genetik, akan dihasilkan dua sel bakteri dengan materi genetik campuran dari kedua induknya. Rekombinasi genetik bakteri dapat terjadi melalui konjugasi, transduksi, dan transformasi.
  • Konjugasi adalah pemindahan materi gen dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain secara langsung melalui jembatan konjugasi.
  • Transduksi adalah rekombinasi gen antara dua sel bakteri dengan diperantarai virus fag.
  • Transformasi adalah rekombinasi gen yang terjadi melalui pengambilan langsung sebagian materi gen dari bakteri lain, yang dilakukan oleh suatu sel bakteri.

Dengan demikian, perkembangbiakan bakteri secara seksual yaitu rekombinasi genetik (konjugasi, transduksi, dan transformasi) dan aseksual yaitu pembelahan biner.space 

0

Roboguru

Jelaskan reproduksi paraseksual yang dilakukan oleh bakteri!

Pembahasan Soal:

Bakteri dapat bereproduksi secara aseksual maupun paraseksual. Secara aseksual bakteri bereproduksi dengan pembelahan biner. Reproduksi secara paraseksual memungkinkan terjadinya pertukaran materi genetik antara bakteri satu dengan yang lainnya. Reproduksi paraseksual bakteri terdiri atas tiga cara yaitu transformasi, konjugasi, dan transduksi. 

  1. Transformasi yaitu pemindahan potongan materi genetik atau DNA dari luar ke sel bakteri penerima. Proses ini tidak melibatkan kontak langsung antara bakteri pemberi DNA dengan bakteri penerima DNA. Contoh bakteri yang diketahui dapat melakukan transformasi secara alami adalah Haemophilus, Neisseria, Streptococcus, dan Bacillus.
  2. Konjugasi yaitu penggabungan antara DNA pemberi dan DNA penerima melalui kontak langsung. Struktur pili berperan sebagai jalur yang digunakan dalam memindahkan materi genetik ke sel penerima sehingga terjadi rekombinasi genetik. Contoh bakteri yang bisa melakukan proses konjugasi adalah Escherichia coli.
  3. Transduksi yaitu pemindahan DNA dari sel pemberi ke sel penerima dengan perantaraan virus. Ketika terjadi sintesis partikel-partikel virus, sebagian kecil DNA sel inang dapat bergabung dengan materi genetik virus. Jika virus ini kemudian menginfeksi bakteri yang lain, maka fragmen-fragmen DNA bakteri yang terbawa dapat bergabung dengan DNA sel inang yang menyebabkan terjadinya rekombinasi. Proses ini terjadi pada beberapa bakteri di antaranya Escherichia coliShigella, dan Salmonella. 

0

Roboguru

Bakteri juga dapat melakukan reproduksi seksual (rekombinasi) dengan bertukar materi genetik (DNA). Cara rekombinasi yang dapat dilakukan seperti pada gambar        Berdasarkan gambar, jelaskan pro...

Pembahasan Soal:

Pertukaran materi genetik pada bakteri (rekombinasi genetik) dibagi menjadi tiga, yaitu: 

1. Transformasi = Bakteri mendapatkan DNA dari lingkungan sekitarnya. Bakteri memiliki protein di permukaan tubuhnya yang dapat mengenal DNA bebas dari jenis bakteri yang masih berkerabat, selanjutnya bakteri tersebut akan menyerap DNA  bebas ke dalam tubunya. Kemudian DNA itu akan menyatu dengan DNA bebas dari inang sehingga mengubah strukturnya. Akibatnya, sifat bakteri tersebut akan berubah. 

2. Transduksi =  Terjadi ketika bakteri mendapatkan DNA dari virus (bakteriofage) yang menginfeksinya. Virus tersebut akan menyuntikkan materi genetik ke dalam bakteri. Akibatnya, DNA virus akan menyatu dengan DNA bakteri inangnya. 

3. Konjugasi = Merupakan proses perpindahan DNA dari satu bakteri ke bakteri lainnya dengan cara membentuk jembatan tipis (pada sel bakteri dengan inangnya) yang disebut dengan pilus. Materi genetik kemudian akan berjalan melalui pilus sampai ke bakteri penerima. Oleh karena itu, konjugasi juga sering disebut dengan perkawinan bakteri. Setelah transfer materi genetik selesai, maka pilus pun akan hilang.

1

Roboguru

Rekombinasi genetik pada bakteri dapat dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Bakteri melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi genetik. Rekombinasi genetik adalah peristiwa bercampurnya sebagian materi gen (DNA) dari dua sel bakteri yang berbeda, sehingga terbentuk DNA rekombinan. Dalam rekombinasi genetik, akan dihasilkan dua sel bakteri dengan materi genetik campuran dari kedua induknya. Rekombinasi genetik bakteri dapat terjadi melalui konjugasi, transduksi, dan transformasi.

  • Konjugasi adalah pemindahan materi gen dari suatu sel bakteri ke sel bakteri lain secara langsung melalui jembatan konjugasi.
  • Transduksi adalah rekombinasi gen antara dua sel bakteri dengan diperantarai virus fag.
  • Transformasi adalah rekombinasi gen yang terjadi melalui pengambilan langsung sebagian materi gen dari bakteri lain, yang dilakukan oleh suatu sel bakteri.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Reproduksi seksual pada bakteri melalui....

Pembahasan Soal:

Bakteri seperti halnya makhluk hidup lainnya dapat melakukan proses reproduksi. Reproduksi bakteri dapat melalui proses aseksual dan seksual. Reproduksi seksual bakteri bisa terjadi melalui mekanisme rekombinasi gen, salah satunya adalah konjugasi. Konjugasi adalah tahap reproduksi seksual pada bakteri yang ditandai dengan pemindahan materi genetik secara langsung. Pemindahan itu terjadi dari satu bakteri ke bakteri lain melalui jembatan konjugasi. Namun, opsi D juga dapat menjadi jawaban karena rekombinasi materi genetik menjadi proses reproduksi seksual yang dilakukan oleh bakteri.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.spacespace

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved