Roboguru

Apa pentingnya ekskresi bagi tubuh manusia?

Pertanyaan

Apa pentingnya ekskresi bagi tubuh manusia? 

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi pada manusia adalah sistem yang bertugas untuk mengolah dan membuang zat sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh. Jika tidak dikeluarkan dari tubuh, zat-zat tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Organ-organ sistem ekskresi pada manusia yaitu kulit, ginjal, paru-paru, dan hati. Kulit mengekskresikan kelenjar keringat, ginjal mengekskresikan urin, paru-paru mengekskresikan karbondioksida dan uap air, dan hati mengekskresikan empedu. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Jaringan yang mengalami gangguan akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan berpengawet adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Salah satu bahan pengawet yang digunakan seperti asam benzoat pada produk pangan antara lain pada minuman buah-buahan segar, squash buah-buahan, sirup, dan minuman bersoda / soft drink dapat  mengakibatkan kandungan asam dan mineral pada urine tidak seimbang. Akibatnya meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini dapat menyumbat bagian tubulus renalis dalam piramida renalis, pelvis ginjal dan ureter / saluran kemih.

Roboguru

Orang yang memiliki penyakit ginjal dianjurkan tidak makan telur, alasannya adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Telur adalah zat makanan yang mengandung protein. Protein pada kondisi normal akan disaring pada bagian glomerulus di ginjal. Oleh karena itu, pada orang yang mengalami gangguan ginjal konsumsi protein tinggi akan memberatkan kerja ginjal dan memperburuk gangguan seperti Albuminaria (kondisi urin mengandung banyak protein albumin).undefined 

Roboguru

Jelaskan 4 macam teknologi yang dapat mengatasi kelainan dan gangguan pada sistem ekskresi manusia!

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi merupakan sekumpulan organ yang berfungsi untuk mengolah dan mengeluarkan zat sisa metabolisme tubuh. Sistem ekskresi dapat mengalami kelainan dan penyakit, seperti gagal ginjal, poliuria, anuria, serta berbagai penyakit lain. Untuk membantu sistem ekskresi tubuh yang sedang mengalami kelainan/penyakit, maka dibutuhkan teknologi sistem ekskresi. Beberapa teknologi dalam sistem ekskresi yaitu :

  1. Transplantasi ginjal, merupakan terapi penggantian ginjal pasien dengan ginjal lain yang berasal dari orang yang masih hidup atau orang yang sudah meninggal. Transplantasi ginjal banyak diterapkan pada pasien penderita gagal ginjal dan penyakit ginjal akut. Dalam melakukan transplantasi ginjal, harus dilakukan serangkaian tes untuk mengetahui tingkat kecocokan ginjal pendonor dan penerima.
  2. Hemodialisis (cuci darah), merupakan teknologi yang berfungsi untuk membersihkan darah dari sisa metabolisme melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis banyak dilakukan pada penderita gagal ginjal. Proses hemodialisis dilakukan dengan menggunakan ginjal buatan (dialiser) yang dilengkapi dengan membran selektif permeabel cairan dialisat, alat pengontrol tekanan darah, suhu, dan aliran darah.
  3. Cangkok kulit (Skin Grafting), merupakan proses pemindahan sebagian atau seluruh ketebalan kulit dari donor ke resipien. Cangkok kulit banyak dilakukan untuk penanganan luka bakar yang parah. Pada umumnya, kulit donor diambil dari bagian pantat, paha, perut, atau punggung.
  4. ESWL (Extra Shock Wave Lithotripsy), merupakan penghancuran batu saluran kemih dengan gelombang kejut (shock wave) yang ditransmisikan dari luar tubuh. Teknologi ini membantu memperkecil ukuran batu saluran kemih sehingga dapat dikeluarkan bersama dengan urine.undefined 
Roboguru

Mengapa jika hati rusak, seluruh tubuh akan terganggu?

Pembahasan Soal:

Organ hati merupakan suatu organ yang perannya sangat penting untuk tubuh. Namun bila keadaan organ hati rusak maka dapat mengganggu keadaan tubuh seluruhnya. Organ hati yang rusak sering juga disebut dengan gagal hati dimana sebagian besar hati telah rusak dan sudah tidak dapat berfungsi lagi.

Gagal hati sendiri merupakan sebuah kondisi yang muncul secara bertahap selama beberapa tahun, namun ada juga gagal hati yang munculnya secara cepat hanya dalam beberapa hari atau pun sampai beberapa minggu dan gejala awal dari penyakit gagal hati ini sulit untuk di deteksi. Penyakit gagal hati juga sangat mengancam jiwa yang menuntut perawatan medis.

Utamanya fungsi hati ini memiliki peran utama di dalam semua proses pencernaan dan juga membantu penyerapan zat gizi di dalam tubuh. Bila fungsi hati ini rusak maka tidak dapat diperbaiki kecuali bila melakukan transplantasi hati.

Maka dari itu bila hati rusak maka akan mempengaruhi keadaan seluruh tubuh yang akan terganggu. Maka dari itu mulai saat ini lebih baik menjaga pola makan agar dapat membantu kerja fungsi hati.

Roboguru

Sebutkan pola hidup yang benar dalam menjaga kesehatan organ-organ ekskresi.

Pembahasan Soal:

Pola hidup yang benar dalam menjaga kesehatan organ-organ ekskresi, yang dapat dilakukan adalah :

  1. Agar kulit dapat bekerja dengan optimal, permukaan kulit harus bersih dari debu dan kotoran kulit. Agar kulit tetap bersih dan sehat, kulit dibersihkan secara rutin, misalnya mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun.
  2. Agar paru - paru dapat bekerja secara optimal dalam mengeluarkan uap air dan karbon dioksida, volume paru - paru harus besar. Volume paru - paru dapat diperbesar dengan berolahraga, olah nafas, hindari merokok dan asap rokok, serta mengkonsumsi makanan bergizi.
  3. Untuk menjaga dan merawat ginjal, sebaiknya tidak menahan kencing, tidak mengkonsumsi alkohol, dan minum air putih yang cukup.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved