Roboguru

Apa itu metamorfosis?

Apa itu metamorfosis?undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....

Jawaban:

Beberapa hewan mengalami perubahan bentuk tubuh dalam pertumbuhan dan perkembangannya.  Perubahan bentuk dan struktur tubuh secara bertahap dari stadium ke stadium lainnya disebut metamorfosis. Metamorfosis dimulai dari larva sampai dewasa. Metamorfosis terjadi pada amfibi dan serangga, contoh amfibi yang mengalami metamorfosis adalah katak. Setelah dewasa hewan sudah tidak akan mengalami perubahan bentuk. Metamorfosis dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase pupa atau kepompong dan bentuk larva dengan serangga dewasa jauh berbeda. Contoh metamorfosis sempurna terjadi pada kupu-kupu, lalat, nyamuk, lebah, dan katak.  Tahapan metamorfosis sempurna adalah telur - ulat - pupa- imago (dewasa).
  2. Metamorfosis tidak sempurna pada serangga ditandai dengan bentuk serangga yang baru menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga dewasa. Sayap akan tumbuh secara bertahap sehingga menyerupai dewasa. Contoh metamorfosis tidak sempurna terjadi pada belalang, lipas, dan jangkrik. Tahapan metamorfosis tidak sempurna adalah telur- nimfa- imago (dewasa).

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved