Roboguru

Apa hasil kongres pemuda 2 ?

Pertanyaan

Apa hasil kongres pemuda 2 ?

Pembahasan Soal:

Dalam memajukan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini di adakan diskusi atau rapat, salah satunya Kongres Pemuda 2. Kongres Pemuda 2 ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober di wilayah Batavia. Sedangkan beberapa organisasi yang ikut berpartipisipasi melaksanakan kongres Pemuda 2 yaitu Jong Java, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Jong Ambon, dan masih banyak lagi. Kongres Pemuda 2 ini diketuai oleh Soegondo Djopuspito dan R.M Joko Marsaid selaku wakil ketua. Dan terdapat beberapa anggota-anggota yang salah satunya mengikuti sebuah organisasi seperti Jong Java, Jong Bataks Bod, Jong Celebes. Mereka semua yang ikut berpartisipasi dalam melaksanakan Kongres Pemuda 2 pada tanggal 28 Oktober menyatakan sebuah keputusan adanya Sumpah Pemuda dengan 3 ikrar, yakni kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian, kongres pemuda 2 menghasilkan 3 ikrar sumpah pemuda, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketua Kongres Pemuda 2 pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda adalah kongres nasional yang pernah diadakan 2 kali di Jakarta (Batavia). Kongres Pemuda I diadakan tahun 1926 dan menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Kongres ini diikuti oleh seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dlsb. Selanjutnya juga disepakati untuk mengadakan kongres yang kedua. Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Selain itu pada kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Dengan demikian, ketua kongres pemuda 2 pada tanggal 28 oktober 1928 adalah Soegondo Djojopoespito.

Roboguru

Sebelum tahun 1928 masyarakat Indonesia berperang hanya di wilayahnya saja. Kemudian mereka bersatu dari seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah. Bangsa Indonesia bersatu dengan mengucapkan sebuah i...

Pembahasan Soal:

Ikrar dari seluruh organisasi pemuda yang ada di Indonesia pada tahun 1928 disebut dengan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggan 27-28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda, secara garis besar, merupakan ikrar mengenai satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Kongres Pemuda II melahirkan kesepakatan berupa .…

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II yang berhasil dilaksanakan selama dua hari(27 dan 28 Oktober 1928) berhasil melahirkan konsensus bersama berupa Sumpah Pemuda yang mencakup tiga komitmen besar pemuda Nusantara berupa: bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Kongres Pemuda II diselenggarakan pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Dalam upaya meraih kemerdekaan, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk mengadakan kongres. Tujuannya menyatukan para pemuda dalam satu payung organisasi. Kongres Pemuda pertama pun terselenggara pada 1926. Dua tahun berselang, para pemuda kembali berkongres untuk kali kedua, tepatnya pada 27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II diadakan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang kini dikenal sebagai Jakarta.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

.

Roboguru

Panitia pelaksana Kongres Pemuda II berdiri pada ....

Pembahasan Soal:

Pembentukan panitia Kongres Pemuda II berawal dari kongres Jong Indonesia yang diselenggarakan pada 28 Desember 1927. Dalam kongres tersebut ditetapkan nama Jong Indonesia berganti menjadi Pemuda Indonesia. Selain itu, beberapa keputusan penting kongres Jong Indonesia yang lain adalah ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar organisasi Pemuda Indonesia serta Pemuda Indonesia menyetujui usul Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) tentang dibentuknya fusi semua organisasi-organisasi yang berasaskan kebangsaan. Untuk merealisasikan fusi semua organisasi tersebut, PPPI segera mengadakan pertemuan untuk membentuk panitia Kongres Pemuda II yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap rangkaian acara seperti rapat-rapat terbuka dan ceramah-ceramah yang menganjurkan serta menguatkan semangat persatuan. Akhirnya, pada bulan Juni 1928, panitia Kongres Pemuda II terbentuk. Ketua Kongres Pemuda II adalah Soegondo Djojopoespito.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved