Roboguru

Anggaran pendapatan dan belanja Negara pemerintah pusat sebuah Negara diketahui berjumlah total $ 900 miliar, penerimaan dari sumber-sumber dalam negerinya sebesar $ 700 miliar, sedangkan belanja atau pengeluaran untuk keperluan rutin senilai $ 600 miliar. Bertolak dari informasi ini, tabungan pemerintah Negara tersebut adalah sebesar ….

Pertanyaan

Anggaran pendapatan dan belanja Negara pemerintah pusat sebuah Negara diketahui berjumlah total $ 900 miliar, penerimaan dari sumber-sumber dalam negerinya sebesar $ 700 miliar, sedangkan belanja atau pengeluaran untuk keperluan rutin senilai $ 600 miliar. Bertolak dari informasi ini, tabungan pemerintah Negara tersebut adalah sebesar …. undefined 

  1. …. undefined 

  2. …. undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui:

 

Ditanya:

Tabungan Negara ...?

Dijawab: space 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Tabungan space Negara space end cell equals cell space Penerimaan space Negara space minus space Pengeluaran space Rutin space end cell row blank equals cell space $ 700 space milyar space minus space $ 600 space milyar space end cell row blank equals cell $ 100 space milyar space end cell end table end style 

Jadi, jawaban yang tepat adalah $100 milyar. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

G. Hernanda

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahapan- tahapan siklus anggaran: Tahap Pelaksanaan Anggaran Tahap Persiapan Anggaran Tahap Pelaporan dan Evaluasi Tahap Ratifikasi Susunan siklus penyusunan anggaran yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan siklus anggaran (budget cycle) tersebut, memungkinkan organisasi nirlaba (non profit atau non keuntungan) untuk menyusun anggaran dengan memperhatikan tahapan-tahapan berikut:

  1. Tahap Persiapan (Preparation), dalam tahapan ini kepala organisasi memberikan arahan berdasarkan rencana strategis organisasi dan usulan atau masukan dari tingkat unit kerja/program.
  2. Tahap Ratifikasi (Ratification), dalam tahapan ini, organisasi mengumpulkan atau mengkompilasi seluruh anggaran yang diterima dan mendiskusikannya.
  3. Tahap Implementasi (Implementation), dalam tahapan ini, organisasi merencanakan anggaran penerimaan apa yang akan diterima, pengeluaran apa yang akan dikeluarkan, dan psotur anggaran yang terjadi, surplus atau defisit.
  4. Tahap Pelaporan dan Evaluasi, dalam tahapan ini, setelah melakukan penyusunan anggaran maka bagian keuangan dapat membuat proyeksi arus kas dalam kegiatan organisasi supaya sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan. space 

Jadi, susunan siklus yang tepat adalah 2-4-1-3.space  

0

Roboguru

Perhatikan tahapan penyusunan rancangan APBD berikut!   Kebijakan umum APBD Rencana kerja dan anggaran SKPD Prioritas plafon anggaran sementara Rancangan perda APBD Rencana kerja pemerintah dae...

Pembahasan Soal:

Tahapan penyusunan APBD yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Rencana kerja pemerintah daerah (5)
  • Kebijakan umum APBD (1)
  • Prioritas plafon anggaran sementara (3)
  • Rencana kerja dan anggaran SKPD (2)
  • Rancangan perda APBD (4)
  • Perda APBD (6)

Berdasarkan penjelasan di atas, maka urutan yang tepat adalah 5 - 1 - 3 - 2 - 4 - 6.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin D.undefined 

0

Roboguru

APBN merupakan suatu daftar atau penjelasan terperinci yang memuat penerimaan dan  pengeluaran negara dalam jangka waktu 1 tahun yang ditetapkan oleh undang-undang.Pengelolaan APBN harus dilakukan sec...

Pembahasan Soal:

Anggaran pendapatan dan belanja negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Sumber penerimaan utama dalam APBN berasal dari pendapatan dalam negeri. Hal tersebut sesuai dengan asas penyusunan APBN, yakni ….

Pembahasan Soal:

Asas kemandirian dalam penyusunan APBN berarti pemerintah harus mengoptimalkan sumber penerimaan dalam negeri misalnya penerimaan dari pajak. Hal tersebut untuk mencegah banyaknya utang luar negeri yang akan memberatkan negara. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin A. undefined

0

Roboguru

Bagaimana mekanisme penyusunan APBD?

Pembahasan Soal:

Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hampir sama seperti penyusunan APBN, yaitu:

  1. Pemerintah daerah atau Pemda selaku lembaga eksekutif di level daerah merancang pendapatan daerah dan pengeluaran ke dalam bentuk RAPBD atau Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Rencana ini dibuat dari masukan perangkat daerah dan dinamakan Rencana Anggaran Satuan Kerja (RASK).
  2. Sama halnya seperti di pemerintah pusat, Pemda kemudian mengusulkan RAPBD ke DPRD, yang membedakan adalah DPRD umumnya akan memberikan sosialisasi poin poin di RAPBD ini ke masyarakat untuk mendapatkan masukan.
  3. DPRD kemudian mensahkan RAPBD dan menjadikannya APBD.
  4. Apabila rancangan APBD ini tolak, maka yang digunakan adalah APBD tahun sebelumnya.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved