Pertanyaan

Amel sedang mempelajari materi sistem saraf. Amel menemukan bahwaX merupakan titik temu antara sel saraf satu dengan sel saraf lain serta sel sarafdengan efektor. Mekanisme kerja penghantaranimpuls melibatkan X melalui beberapa tahapan. Menurut analisis yang dilakukan, berikut tahapan yang benar adalah ...

Amel sedang mempelajari materi sistem saraf. Amel menemukan bahwa X merupakan titik temu antara sel saraf satu dengan sel saraf lain serta sel saraf dengan efektor. Mekanisme kerja penghantaran impuls melibatkan X melalui beberapa tahapan. Menurut analisis yang dilakukan, berikut tahapan yang benar adalah ...

  1. Impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalsium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter eksitasi pada reseptor yang menyebabkan hiperpolarisasi efektor. Impuls akan berhenti. Penghentian impuls dapat terjadi tanpa melalui enzim. 

  2. Impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalsium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter inhibisi pada reseptor yang menyebabkan depolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impuls terjadi melalui enzim asetilkolinesterase.

  3. Impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter inhibisi pada reseptor yang menyebabkan hiperpolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impuls terjadi melalui enzim asetilkolinesterase.

  4. Impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalsium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter eksitasi pada reseptor yang menyebabkan depolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impuls terjadi melalui enzim asetilkolinesterase.

  5. Impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter eksitasi pada reseptor yang menyebabkan hiperpolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impuls terjadi melalui enzim asetilkolinesterase.

I. Putu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

Pembahasan

Diketahui Xmerupakan sinapsis karena merupakan titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain serta neuron dengan efektornya. Mekanisme kerja penghantaranimpuls di sinapsis melalui beberapa tahapan. Tahapan yang tepat diawali dariimpuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalsium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter eksitasi , seperti asetilkolinpada reseptor yang menyebabkan depolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impulsterjadi melalui enzim asetilkolinesterase yang menghidrolisis asetilkolin menjadi kolin dan asam etanoat.Sementara itu, penempelan neurotransmiter inhibisi pada reseptor akibat terbukanya kanal kalsium di neuron prasinaptik akan menyebabkan hiperpolarisasi efektor dan impuls tidak akan dilanjutkan. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Diketahui X merupakan sinapsis karena merupakan titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain serta neuron dengan efektornya. Mekanisme kerja penghantaran impuls di sinapsis melalui beberapa tahapan. Tahapan yang tepat diawali dari impuls sampai ke akson terminal neuron prasinaptik sehingga kanal kalsium membuka dan terjadi pengeluaran vesikula pada celah sinapsis. Kemudian terjadi penempelan neurotransmiter eksitasi, seperti asetilkolin pada reseptor yang menyebabkan depolarisasi efektor. Impuls akan dilanjutkan. Penghentian impuls terjadi melalui enzim asetilkolinesterase yang menghidrolisis asetilkolin menjadi kolin dan asam etanoat. Sementara itu, penempelan neurotransmiter inhibisi pada reseptor akibat terbukanya kanal kalsium di neuron prasinaptik akan menyebabkan hiperpolarisasi efektor dan impuls tidak akan dilanjutkan. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

13

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa kimia yang berperan dalam ​menghantarkan informasi dari pra-sinapsis ke post-sinapsis adalah ….

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia