Iklan

Iklan

Pertanyaan

Amati wacana berikut dengan saksama ! Bacalah wacana berikut kemudian jawablah pertanyaannya ! Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah karbondioksida di dalam atmosfer ?

Amati wacana berikut dengan saksama ! Bacalah wacana berikut kemudian jawablah pertanyaannya !

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah karbondioksida di dalam atmosfer ?

Iklan

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut wacana di atas, upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah karbondioksida di dalam atmosfer antara lain adalah sebagai berikut : Mengurangi penggunaan kendaraan motor pribadi ; salah satu sumber karbondioksida terbesar adalah pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Bila semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, akan semakin banyak pula emisi karbon dioksida yang dihasilkan. Oleh karena itu, penggunaan kendaraan bermotor ini perlu dikurangi. Alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan kendaraan umum, terutama transportasi umum berbasis kereta seperti KRL (Kereta Rel Listrik). Menanam banyak pohon ; tanaman seperti pepohonan banyak menyerap karbon dioksida yang digunakan dalam proses fotosintesis. Dengan mengurangi karbondioksida di atmosfer, maka pepohonan bisa mengurangi laju efek rumah kaca dan pemanasan global. Karena pentingnya pepohonan ini, maka kita harus melestarikan hutan Menggunakan sumber energi terperbaharukan ; listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil dan menghasilkan gas karbon dioksida, seperti dari pembakaran batubara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Karena itu kita bisa mengurangi emisi karbondioksida dengan menggunakan sumber energi alternatif terperbaharukan, seperti panel surya. Dengan menggunakan panel surya kita bisa mendapatkan energi matahari yang tidak akan habis, dan bebas polusi.

Menurut wacana di atas, upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah karbondioksida di dalam atmosfer antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi penggunaan kendaraan motor pribadi ; salah satu sumber karbondioksida terbesar adalah pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Bila semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, akan semakin banyak pula emisi karbon dioksida yang dihasilkan. Oleh karena itu, penggunaan kendaraan bermotor ini perlu dikurangi. Alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan kendaraan umum, terutama transportasi umum berbasis kereta seperti KRL (Kereta Rel Listrik).
  2. Menanam banyak pohon ; tanaman seperti pepohonan banyak menyerap karbon dioksida yang digunakan dalam proses fotosintesis. Dengan mengurangi karbondioksida di atmosfer, maka pepohonan bisa mengurangi laju efek rumah kaca dan pemanasan global. Karena pentingnya pepohonan ini, maka kita harus melestarikan hutan
  3. Menggunakan sumber energi terperbaharukan ; listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil dan menghasilkan gas karbon dioksida, seperti dari pembakaran batubara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Karena itu kita bisa mengurangi emisi karbondioksida dengan menggunakan sumber energi alternatif terperbaharukan, seperti panel surya. Dengan menggunakan panel surya kita bisa mendapatkan energi matahari yang tidak akan habis, dan bebas polusi.

Latihan Bab

Pengantar Atmosfer

Lapisan Atmosfer

Gejala Optik di Atmosfer

Cuaca dan Iklim

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

339

Andy Farell

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan diagram Berikut! Bagaimana dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian ....

58

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia